Warga Kecamatan Tanah Abang Diberikan Pelatihan Hidroponik

Jakarta Pusat, -- Puluhan Warga di Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat (Jakpus) diberikan pelatihan menanam dengan teknik Hidroponik, Rabu (8/11). Selain pelatihan, warga akan langsung diberikan alat tanam hidroponik lengkap sekaligus menjadi peserta lomba penanaman hidroponik. Pemenang akan mendapatkan hadiah berupa piala Wali Kota Jakpus dan uang pembinaan.   

Wakil Wali Kota Jakpus Bayu Meghantara mengungkapkan, pada hunian perkotaan yang tidak memiliki lahan yang luas,  bercocok tanam dengan mengunakan teknik hidroponik menjadi pilihan yang tepat. Selain mendapatkan kualitas tanaman organik yang lebih baik dan segar, tanaman ini bebas pestisida. 

"Bapak-ibu kalau ke mall sayuran organik ini harganya mahal. Dengan pelatihan ini, kita sudah bisa menanam sayuran hidroponik ini, dan langsung mendapatkan media tanamnya," ungkapnya. 

Pihaknya menilai, saat ini masyarakat sudah sangat sadar akan kesehatan,  salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Sehingga, dengan mengembangkan hidroponik ini dapat memberikan peluang bagi masyarakat untuk menekuni pertanian hidroponik kedepannya. 

"Sekarang ini gaya hidup masyarakat sudah berubah, kalau makanan ini tidak enak tidak sehat, nggak ada lagi yang mau makan. Karena kesehatan yang utama itu dimulai dari makanan yang baik dan olah raga yang cukup," paparnya. 

Selain pelatihan, para peserta yang terdiri dari perwakilan kelurahan se Kecamatan Tanah Abang ini akan langsung menanam tanaman hidroponik. Pihak penyenenggara memberikan media tanam berupa pipa power yang bebas timbal yang cocok untuk media tanam hidroponik, selain itu, Rockwool Shatterkit, bibit dan pupuk nutrisi tanamam khusus hidroponik juga diberikan. 

"Setelah dua minggu, akan kita monitoring. Karena semua tanaman hidroponik peserta ini akan dilombakan di tingkat kota. Pada minggu ke 5 ini akan kita umumkan pemenangnya," Terang Neni salah satu perwakilan pihak penyelengara. 

 

Kominfotik JP/NEL 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait