PPID Sekretariat Kota Administrasi Jakarta Pusat

PPID Sekretariat Kota Administrasi Jakarta Pusat
Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Sekretariat Kota Administrasi Jakarta Pusat merupakan ujung tombak pelayanan informasi di Sekretariat Kota Administrasi Jakarta Pusat. Tugasnya adalah mengelola dan memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat.
Motto PPID :
Cepat, Akurat, Mudah dan Berkualitas.
Tanggung Jawab, Tugas dan Wewenang PPID Sekretariat Kota Administrasi Jakarta Pusat
(Sesuai dengan Peraturan Gubernur No. 175 Tahun 2016)


Tanggung Jawab
  1. PPID pada Perangkat Daerah bertanggung jawab di bidang layanan informasi publik yang meliputi proses penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan pelayanan dan pengumuman informasi yang dapat diakses oleh publik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  2. Informasi publik sebagaimana dimaksud pada nomor 1 dikumpulkan dengan cara pendataan informasi publik yang ada pada Perangkat Daerah untuk dilakukan pembuatan dan pemutakhiran daftar informasi publik paling sedikit 1 (satu) kali dalam 1 (satu) bulan

Tugas

  1. Memberikan layanan informasi kepada publik
  2. Menyimpan, mendokumentasikan, menyediakan dan memberi pelayanan informasi kepada publik
  3. Membantu PPID Provinsi didalam melaksanakan tugasnya
  4. Melakukan verifikasi bahan informasi publik
  5. Melakukan pemutakhiran informasi dan dokumentasi
  6. Menyediakan informasi dan dokumentasi untuk di akses oleh pemohon informasi publik
  7. Melakukan inventarisasi informasi yang dikecualikan untuk selanjutnya dilakukan uji kosekuensi
  8. Membuat laporan pelayanan informasi
  9. Melaksanakan tugas lainnya yang diperintahkan oleh Atasan PPID

Wewenang

  1. Mengoordinasikan pelayanan informasi publik pada Perangkat Daerah dan/atau pejabat fungsional yang menjadi cakupan kerjanya
  2. Menetapkan/menentukan suatu informasi publik dapat diakses publik atau tidak berdasarkan pengujian tentang konsekuensi
  3. Menolak permohonan informasi publik secara tertulis apabila informasi publik yang dimohon termasuk infomasi yang dikecualikan/rahasia dengan disertai alasan serta pemberitahuan tentang hak dan tata cara bagi pemohon informasi publik untuk mengajukan keberatan atas penolakan tersebut
  4. Membuat, memelihara dan/atau memutakhirkan daftar informasi publik secara berkala paling sedikit 1 (satu) kali dalam 1 (satu) bulan
  5. Meminta dan memperoleh informasi dari unit kerja/komponen satuan kerja yang menjadi cakupan kerjanya

Visi

"Terwujudnya pelayanan informasi yang transparan dan akuntabel untuk memenuhi hak pemohon informasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku."

Misi

  1. Meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi yang berkualitas, benar dan
    bertanggung jawab.
  2. Membangun dan mengembangkan sistem penyediaan dan layanan informasi.
  3. Meningkatkan dan mengembangkan kompetensi dan kualitas SDM dalam bidang
    pelayanan informasi.
  4. Mewujudkan keterbukaan informasi Sekretariat Kota Administrasi Jakarta Pusat
    dengan proses yang cepat, tepat, mudah dan sederhana.

MAKLUMAT PELAYANAN INFORMASI PUBLIK PPID SEKRETARIAT KOTA ADMINISTRASI JAKARTA PUSAT


Kami berupaya memberikan pelayanan informasi publik dan berkomitmen untuk :

  1. Memberikan pelayanan informasi yang prima berdasarkan Undang-Undang No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan juga turut mewujudkan misi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang berorientasi pada pelayanan publik;
  2. Memberikan kemudahan kepada publik dalam mendapatkan informasi yang diperlukan dengan murah dan sederhana;
  3. Menyediakan dan memberikan informasi publik yang dikuasai secara akurat, benar dan tidak menyesatkan;
  4. Menyediakan daftar informasi publik untuk informasi yang wajib disediakan dan diumumkan;
  5. Bertindak proaktif dalam memenuhi kebutuhan informasi masyarakat serta menjamin seluruh informasi publik dan fasilitas pelayanan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  6. Menyiapkan ruang dan fasilitas yang nyaman dan tertata baik;
  7. Bersikap adil, tidak diskriminatif dan berperilaku sopan santun dalam memberikan layanan informasi publik;
  8. Menyiapkan petugas informasi yang berdedikasi dan siap melayani;
  9. Tidak melakukan pungutan biaya yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan dalam memberikan layanan informasi publik.

STRUKTUR ORGANISASI PPID SEKRETARIAT KOTA ADMINISTRASI JAKARTA PUSAT

BIAYA - TARIF

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Sekretariat Kota Administrasi Jakarta Pusat menyediakan informasi publik secara gratis (tidak dipungut biaya), sedangkan untuk penggandaan atau perekaman, pemohon/pengguna informasi publik dapat melakukan penggandaan/fotocopy sendiri di sekitar gedung Kantor Walikota Administrasi Jakarta Pusat atau menyediakan CD/DVD kosong atau flashdisk untuk perekaman data dan informasinya.

DOKUMEN

1. PerUU - UU 14 Th 2008 Keterbukaan Informasi Publik

2. PerUU - Pergub 286 Th 2016 OTK Kota Administrasi

3. PerUU - Pergub 175 Th 2016 Layanan Informasi Publik

4. Laporan Layanan Informasi Publik September 2018

5. Laporan Informasi PPID Jakarta Pusat

6. SOP PELAYANAN PERMOHONAN INFORMASI PUBLIK MELALUI DESK PPID

7. SOP PERMOHONAN INFORMASI PUBLIK MELALUI PAPAN PENGUMUMAN

8. SOP PERMOHONAN INFORMASI PUBLIK MELALUI SISTEM PENGUMUMAN