Bangun IPAL Komunal Bagi Warga Menteng Tenggulun

Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Pusat membangun empat Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal di sekitar Saluran Penghubung (Phb) Menteng Tenggulun, Kelurahan Menteng, Kecamatan Menteng. Foto: dok pusat.jakarta.go.id

Jakarta Pusat, -- Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Pusat membangun empat Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal di sekitar Saluran Penghubung (Phb) Menteng Tenggulun, Kelurahan Menteng, Kecamatan Menteng.

Kepala Suku Dinas SDA Jakarta Pusat, Ahmad Saipul mengatakan, pengerjaan pembuatan empat IPAL komunal ini sudah dimulai sejak dua pekan lalu.

"Targetnya, pengerjaan sudah rampung akhir Desember ini," ujarnya, Senin (2/12).

Ahmad menjelaskan, IPAL komunal ini meliputi, tangki septik serta fasilitas pendukung untuk pengolahan limbah agar bisa dikembalikan ke badan air sesuai standar baku mutu.

"Limbah itu diproses di Bio PAL, jadi saat dialirkan ke saluran Phb Menteng Tenggulun sudah dalam kondisi baik," terangnya.

Ia menambahkan, Sudin SDA Jakarta Pusat berencana membangun enam IPAL komunal lagi di kawasan saluran Phb Menteng Tenggulun di tahun 2020.

"IPAL komunal ini sangat penting bagi warga karena menjadi bagian dari pola hidup bersih dan sehat. Selain itu, kita juga bisa mencegah badan air dari pencemaran," tandasnya. (As/Stk)

Kominfotik JP/Christ


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait