PPSU dan Petugas SDA Tes Kesehatan TBC

encanangan kegiatan deteksi dini TBC, di RPTRA MH. Thamrin, Kelurahan Kenari, Kecamatan Senen, Jumat (15/3). Foto: Day

Jakarta Pusat, -- Pasukan Prasarana Sarana Umum (PPSU), petugas Sumber Daya Air (SDA), dan warga Kenari melakukan pemeriksaan TBC (Tuberculosis), HIV, dan Penyakit Tidak Menular (PTM) di RPTRA MH. Thamrin, Kelurahan Kenari, Kecamatan Senen, Jumat (15/3).

Kegiatan ini dibuka Sekretaris Kota (Sekko) Jakarta Pusat, Iqbal Akbarudin. Ia mengatakan, penyakit TBC merupakan penyakit menular dan berbahaya. Untuk menghindarinya, Iqbal meminta seluruh warga supaya menjaga kesehatan dan lingkungan agar tetap bersih dan asri.

“TBC merupakan penyakit menular nomor satu di Indonesia yang bisa menyebabkan kematian. Jaga kesehatan dan lingkungan agar terhindar dari berbagai penyakit,” kata Iqbal.

Menurutnya, jika di sekitar lingkungan tempat tinggal ada warga atau saudara yang terindikasi penyakit TBC supaya langsung melaporkan ke Puskesmas terdekat.

Iqbal mengharapkan, seluruh masyarakat, UKPD lintas sektoral untuk dapat terlibat dalam pencegahan dan pengendalian TBC. “Ini bukan hanya tugas dinas kesehatan saja, melainkan semua unsur,” Iqbal menegaskan.

Sementara itu, Kasudin Kesehatan Jakarta Pusat, Erizon Safari menjelaskan, pencanangan kegiatan deteksi dini TBC bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dan pemangku kebijakan dalam penuntasan penyakit TBC di Indonesia khususnya di wilayah Jakarta Pusat.

“Anggota PPSU dan SDA sebanyak 150 orang dan 90 warga Senen hadir dalam penuntasan TBC di Indonesia khususnya Jakarta Pusat,” terangnya.

Selain pemeriksaan TBC, HIV, Hepatitis C, Diabetes dan Hipertensi, kegiatan ini diisi dengan talk show tentang TBC. Hadir juga dalam acara ini Camat Senen, Romi dan Lurah Kenari, Ojo Juriah. (As/Stk)

 

 

Kominfotik JP/Day


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait