Sebanyak 1000 Ikan Cupang Dibagikan ke Warga Rawasari

Sebanyak 1000 ikan cupang dibagikan kepada warga Kelurahan Rawasari dalam kegiatan Jumling di Pos RW 05, Kelurahan Rawasari, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat (25/10). Foto: Christ

Jakarta Pusat, -- Sebanyak 1000 ikan cupang dibagikan kepada warga Kelurahan Rawasari dalam kegiatan Jumat Keliling (Jumling) di Pos RW 05, Kelurahan Rawasari, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat (25/10).

Lurah Rawasari, Rahmat Hidayat mengatakan ikan cupang ini merupakan hasil budidaya yang dilakukan Raja Salomo Pangaribuan. Ikan ini pun diberikan sebagai bentuk kepedulian kepada ibu-ibu Jumantik Kelurahan Rawasari.

"Sangat senang sekali kita diberikan ikan cupang berjumlah 1000 ekor. Ikan ini diberikan dengan harapan langsung disalurkan ke warga sekitar," terang Rahmat Hidayat saat diwawancarai di sela-sela pemberian ikan di Pos RW 05, Jumat (25/10).

Rahmat mengakui dengan adanya pemberian ikan ini diharapkan bisa menghilangkan jentik nyamuk. Terlebih jentik nyamuk yang dapat berkembang seperti nyamuk DBD ataupun jenis lainnya.

"Cukup efektif dengan memelihara ikan cupang dalam pencegahan DBD. Taruh di sebuah kolam , atau pun baskom serta jenis lainnya. Jadi kalau nyamuk mau bertelur di tempat ikan, pasti langsung dimakan," papar Rahmat.

Perlu diketahui juga wilayah Kelurahan Rawasari bebas dari DBD. Rahmat pun dalam setiap Jumling meminta kepada warga untuk lakukan pencegahan berkembang biaknya nyamuk.

"Seperti tutup tempat yang dapat menampung air, bersihkan air tempat penampung air dispenser atau kulkas jangan sampai ada air. Yang penting jaga kebersihan lingkungan sekitar. Tambahkan tanaman lavender dan sereh juga bisa mengusir nyamuk," terangnya.

Sementara itu, Raja Salomo Pangaribuan peternak ikan cupang hias ini berjanji kegiatan pemberian ikan akan dilakukan dalam 3 bulan sekali. Jenis ikan yang diberikan kepada warga secara gratis ini cupang plakat.

"Tiga bulan ke depan saya akan berikan lagi 1000 ikan cupang. Saya kalau panen ikan cupang itu bisa mencapai 7000 ikan," terangnya. (As/Atk)

Kominfotik JP/Christ


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait