Sebanyak 50 Peserta dari Berbagai Unsur Ikut Sosialisasi Adipura

Sosialisasi Teknis Adipura yang digelar Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Pusat berlangsung di Aula Kantor Camat Johar Baru, Selasa (22/10).  Foto: Day

Jakarta Pusat, -- Sebanyak 50 orang peserta dari berbagai unsur mengikuti Sosialisasi Teknis Adipura yang digelar Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Pusat berlangsung di Aula Kantor Camat Johar Baru, Selasa (22/10). 

Sosialisasi ini guna meningkatkan keindahan dan keasrian di wilayah Jakarta Pusat dalam rangka meraih Adipura tahun 2019.

Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Johar Baru, Jaharudin mengatakan, terima kasih kepada Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Pusat yang telah melaksanakan sosialisasi ini. 

"Mudah-mudahan bagi peserta yang hadir mendapatkan ilmu yang bermanfaat sehingga dapat di implementasikan di SKPD/UKPD yang bersangkutan," jelasnya.

Menurutnya, tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan peran serta pemerintah dalam rangka mendukung penilaian adipura. 

"Sebenarnya penilaian Adipura bukan tujuan akhir tetapi tujuan akhir dari Adipura yaitu pergerakan masyarkat  bisa melakukan kerjasama untuk keindahan, kebersihan wilayahnya," ujar Jaharudin.

Untuk itu, Jaharudin mengharapkan kepada peserta sosialisasi supaya mengikuti dengan penuh seksama agar nantinya bisa diimplementasikan di tempat kerjanya.

Sementara itu, Forum Masyarakat Peduli Lingkungan (Formapel) Jakarta Timur, Budi selaku narasumber menjelaskan, Adipura merupakan penilaian kinerja pemerintah kota/kabupaten dalam pengelolaan lingkungan berkelanjutan.

"Pola penilaian Adipura tahun ini berubah, tidak lagi kita disuruh atau diatur oleh aturan tapi kita harus mulai peduli, artinya kita harus ikhlas. Dalam penilaian Adipura nanti tidak ada lagi titik penilaian yang telah ditentukan. Mau tidak mau kita harus sudah siap dinilai di semua sektor, baik itu pasar, sekolah, stasiun, Puskesmas, semua harus sudah siap," terang Budi yang juga tim penilai Adipura Tingkat Nasional.

Di tempat yang sama, Kasie Penanganan Peran Serta Masyarakat dan Penaatan Hukum Sudin Lingkungan Hidup Jakpus, Wasis Gunawan menambahkan, sosialisasi teknis Adipura ini dikuti 50 peserta dari unsur sekolah, Puskesmas, pasar, Damkar, kelurahan, kecamatan, dan instansi terkait lainnya. (As/Stk)

Kominfotik JP/Day


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait