Sudin PE Sudah Bangun 131 Sumur Resapan

Sebanyak 131 sumur resapan air berbentuk bulat berdiameter lebar 1 meter dan kedalaman 2 meter telah dibuat Sudin PE Jakarta Pusat di sejumlah instansi pemerintahan. Foto: Christ

Jakarta Pusat, -- Sebanyak 131 sumur resapan air berbentuk bulat berdiameter lebar 1 meter dan kedalaman 2 meter telah dibuat Sudin PE Jakarta Pusat di sejumlah instansi pemerintahan.

Pembuatan tersebut sebagai pengendali banjir, serta berfungsi melindungi konservasi air tanah dan mencegah erosi.

"Monas, kita bangun 70 sumur resapan. Saat ini, pembangunan Sumur Resapan sudah 131 unit dengan material bis beton. Total yang akan kita bangun 198 sumur resapan dan target rampung pada pertengahan Desember 2019," ungkap Kasie Industri, Energi dan Sumber Daya Mineral Sudin PE Jakarta Pusat, Bambang Prayitno, saat ditemui, di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Selasa (26/11).

Bambang menegaskan, nantinya setelah 198 sumur resapan rampung dikerjakan, maka sekitar 310 meter kubik air dapat terserap dan melindungi kestabilan air tanah di Jakarta Pusat.

"Daya tampung satu sumur resapan bisa menyimpan 1,5 meter kubik air hujan. Kemudian air hujan yang jatuh akan masuk ke bak control untuk disuling sebelum masuk ke sumur resapan. Nanti setelah di sumur resapan, air akan terserap ke tanah dan yang tidak tertampung akan teralirkan ke saluran air," ujarnya.

Bambang mengaku, pengerjaan sumur resapan dikebut mulai 23 September 2019. Penentuan titik sumur resapan sesuai permintaan instansi terkait dan khusus di lokasi rawan genangan air.

"Fokus di lokasi rawan genangan air dan dekat talang air. Penentuan titik berdasarkan permintaan dari mereka (pemilik lokasi) dan didampingi tim Sudin PE. Setelah 198 sumur resapan rampung dikerjakan, maka perawatan selama enam bulan ke depan masih menjadi tanggung jawab pihak ketiga," pungkasnya. (As/Stk)

Kominfotik JP/Christ


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait