Sudin SDA Jakpus Telah Bangun 71 Pintu Air

Pintu air di kali Utan Kayu, Cempaka Putih Timur. Foto: pusat.jakarta.go.id

Jakarta Pusat, -- Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Pusat telah memiliki 71 pintu air hingga tahun 2019. Tujuh di antaranya baru selesai dibangun pada tahun ini.

Kepala Suku Dinas SDA Jakarta Pusat, Saiful mengatakan, jajaranya berusaha optimal dalam menghadapi musim penghujan. Seperti pembangunan tujuh pintu air di antarnya, di Jalan Pramuka Sari ada satu, Jalan Komplek Cempaka Putih Indah ada dua, Jalan Cempaka Putih XIV komplek seknek ada dua, Jalan Cempaka Putih Tengah ada satu, dan Jalan Utan Panjang Barat ada dua.

"Pintu air sudah terbangun. Dengan adanya pintu air tersebut bisa mencegah terjadinya luapan aliran air baik dari saluran phb dan kali," terang Saiful, di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jumat (29/11).

Menurut Saiful, penambahan pintu air yang sebelumnya hanya 64 itu berdasarkan permintaan warga dan juga hasil analisis dari Sudin SDA Jakarta Pusat. Nantinya pintu air tersebut difungsikan jika terjadi luapan air. 

"Nanti kalau kali itu meluap pintu akan ditutup yang dioperasikan Satgas SDA. Nah nanti ada pompa mobile yang menyedot air untuk dibuang kembali ke kali. Tujuannya ditutup agar air ketika meningkat volumenya tidak berbalik ke rumah warga," paparnya. (As/Stk)

Kominfotik JP/Christ


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait