Target Wilayah Jakpus Zero Rain Off

Pengecekan tali air. Foto: Christ

Jakarta Pusat, -- Kepala Suku Dinas Bina Marga Jakarta Pusat, Rakim Sastranegara mengungkapkan, dalam penanganan delapan kawasan strategis di wilayah Jakpus, pihaknya fokus di rumah pompa yang berada di sejumlah underpass.

Meski demikian, pihaknya mengaku kekurangan Satgas yang hanya berjumlah 157 orang. Itupun dibagi di delapan Kecamatan.

"Satgas kita sudah bekerja dalam menghadapi musim hujan. Targetnya di Jakpus 'Zero Rain Off' bebas genangan air selama musim hujan berlangsung. Nanti masing-masing wilayah harus mengamankan kawasan strategis," paparnya, ditemui di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Kamis (28/11).

Tupoksi yang dilakukan Sudin Bina Marga Jakpus pada penambalan jalan berlubang di delapan kawasan strategis. Jadi saat musim hujan berlangsung, sambung Rakim, pihaknya akan memantau jalan mana yang rusak akibat hujan agar segera diperbaiki.

"Di kawasan strategis, kita menambal jalan-jalan berlubang, pembersihan mulut air dan tali-tali di trotoar. Kita bekerja sesuai tupoksi masing-masing. Saluran kecil (gutter) juga sudah dibuat di pinggir kanstin yang berfungsi sebagai wadah saluran air dari aspal ke tali air," ujarnya.

Penanganan di empat underpass juga menjadi target utama. "Seperti pengecekapan pompa di underpass Senen, underpass Angkasa, underpass Matraman dan underpass Dukuh Atas. Sudin Bina Marga Jakpus harus siap siaga memeriksa keadaan pompa dalam keadaan baik," katanya.

Rakim optimis dapat mewujudkan Jakpus bebas genangan selama musim hujan mendatang. Usai menggelar apel pasukan kuning pada pekan lalu, pihaknya juga rutin monitoring rumah pompa bersama Pemkot Adm Jakpus dan Dinas.

"Tiap dua hari sekali, pompa dipanaskan secara rutin. Sudin Bina Marga juga sudah buat grup whatsapp bersama operator, dan tiap dua jam sekali melaporkan situasi," tandasnya. (AS/Stk)

Kominfotik JP/Christ  


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait