Sudin Nakertrans Tutup Pelatihan Mengemudi SIM A

Sudin Nakertrans dan Energi Jakpus tutup pelatihan mengemudi SIM A. Foto: As

Jakarta Pusat, -- Suku Dinas (Sudin) Tenaga Kerja Transmigrasi (Nakertrans) dan Energi Kota Administrasi Jakarta Pusat akhirnya telah menuntaskan program pelatihan mengemudi dan pembuatan SIM A secara gratis bagi pencari kerja di wilayah Jakarta Pusat.

Kepala Suku Dinas Nakertrans dan Energi Jakarta Pusat, Fidiyah Rokhim secara seremonial menutup pelatihan mengemudi dengan membagikan SIM A kepada 15 peserta (12 pria dan tiga wanita), di lantai 5, Blok C, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Senin (21/12).

Dalam  sambutannya, Fidiyah menyampaikan rasa bangga kepada para peserta yang telah menuntaskan program pelatihan ini dan menyebut program pelatihan ini adalah murni kolaborasi antara Sudin Nakertrans dan Energi Jakpus dengan PT BNI Persero Tbk.

"Ini adalah arahan dari pimpinan agar melakukan kolaborasi dengan perusahaan yang ada di wilayah Jakpus," ucapnya disaksikan para peserta yang hadir.

Selain itu, ia juga kembali menekankan bahwa program ini bukan berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), karena telah dilakukan efisiensi dan dialihkan ke penyelesaian penanggulangan pencegahan Covid-19.

"Adik-adik ini sudah kita latih, nantinya bisa kita tempatkan untuk bekerja atau boleh juga kalau mau cari sendiri, semoga dengan mendapatkan pekerjaan dapat meningkatkan kesejahteraan, dan ke depannya mengurangi persoalan sosial dan mengurangi tindak kriminal di Jakpus," jelasnya.

Sementara itu, perwakilan PT BNI Persero Tbk, Tino Aditya berterima kasih telah diberikan kesempatan untuk berkolaborasi dan bekerja sama secara aktif dengan Sudin Nakertrans dan Energi, dengan mendukung kegiatan pelatihan mengemudi dan pembuatan SIM A gratis bagi masyarakat sekitar.

"Kita berharap pelatihan ini memberi manfaat yang seluas luasnya, semoga ini bisa berlanjut dan dapat dtingkatkan," ungkap Tino.

Di tempat yang sama, Abdur Rahman, salah satu peserta pelatihan mengaku berbahagia, karena selama proses pelatihan dirinya mendapatkan pelatihan secara profesional dari tim pelatih yang didukung PT Giri Artha.

Rahman mendapatkan materi pemahaman mengenai sistem mesin kendaraan, pemahaman suku cadang (spare part) kendaraan, cara berkendara yang baik dan hal-hal penting lainnya berkaitan dengan pelatihan ini.

"Para pelatih sangat sabar dalam melatih, dan tentunya keterampilan mengemudi ini sangat bermanfaat bagi kami. Saya mengucapkan terima kasih kepada Sudin Nakertrans selaku penyelenggara," tutur Rahman.

Harapan yang sama juga datang dari perwakilan dari PT Giri Artha, Deden, kepada para peserta yang telah lulus pelatihan mengemudi ini.

"Alhamdulilah kami sudah selesaikan tugas, semoga apa yang sudah diberikan ini bukan hanya sekedar seremonial atau hanya dikantongi SIM-nya, tujuannya adalah satu, bekerja," tegasnya.

Untuk diketahui, para peserta sebelumnya telah diberikan pelatihan SIM A di wilayah Pulo Gadung, Jakarta Timur pada tanggal 18 Desember 2020 lalu. (As)

 

Kominfotik JP/FP

 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait