Antisipasi Banjir, Turap Kali Ciliwung di Kwitang dan Kenari Ditinggikan

Petugas Suku Dinas (Sudin) Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Senen, melakukan peninggian turap di sepanjang kali Ciliwung yang meliputi wilayah Kelurahan Kwitang dan Kenari. Foto: pusat.jakarta.go.id

Jakarta Pusat, -- Petugas Suku Dinas (Sudin) Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Senen, melakukan peninggian turap di sepanjang kali Ciliwung yang meliputi wilayah Kelurahan Kwitang dan Kenari guna mengatasi banjir.

“Saat ini sedang melakukan peninggian turap di Jalan Inspeksi kali Ciliwung. Hal ini dilakukan guna  mengantisipasi banjir dari luapan atau limpasan air kali Ciliwung saat musim hujan tiba,” ujar Kepala Satuan Pelaksana (Satpel) SDA Kecamatan Senen, M Rohman, saat dikonfirmasi Rabu (2/9).

Dijelaskan Rohman, ada dua titik lokasi turap yang ditinggikan yaitu di wilayah Kelurahan Kwitang yakni mulai dari Jalan Kembang III hingga Jalan Kembang Raya dengan peninggian turap sepanjang 1.025 meter. Sementara, di Kelurahan Kenari mulai dari Jalan Kramat IV sampai Jalan Kramat VI dengan peninggian turap sepanjang 300 meter.

“Di wilayah Kelurahan Kwitang turap yang sudah selesai ditinggikan mencapai 505 meter sedangkan sisanya 520 meter sedang dikerjakan. Sementera di Kelurahan Kenari peninggian turap yang sudah selesai sepanjang 100 meter dan sisanya 200 meter lagi dikerjakan,” ungkap Rohman.

Menurut Rohman, peninggian turap sepanjang kali Ciliwung di Kwitang dan Kenari juga sebagai pengaman bagi pengguna jalan. “Peninggian turap di sepanjang kali Ciliwung ini sudah dikerjakan sejak awal Agustus hingga saat ini masih berlangsung. Pembuatan turap untuk mencegah terjadinya luapan air saat hujan,” kata Rohman.

Dalam mengerjakan pembuatan turap tersebut, lanjutnya, menerjunkan masing-masing 10 petugas PJLP SDA Kecamatan Senen dengan tetap menerapkan protokol kesehatan 3M.

Sementara itu, Lurah Kwitang, Rasimun mengatakan, mengapresisasi apa yang dilakukan oleh Satpel SDA Kecamatan Senen dengan melakukan pembuatan turap guna mengantisipasi banjir wilayahnya.

“Mudah-mudahan dengan peninggian turap kali Ciliwung ini nantinya saat musim penghujan tiba tidak ada lagi genangan di wilayahnya,” harap Rasimun. (As)

 

Kominfotik JP/Day

 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait