Asekbang Monitoring KBRL di Pasar Senen

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus), Bakwan Ferizan Ginting, kembali melakukan monitor penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan (KBRL)  di Pasar Senen. Foto: pusat.jakarta.go.id

Jakarta Pusat, -- Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus), Bakwan Ferizan Ginting, kembali melakukan monitor penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan (KBRL)  di Pasar Senen Blok VI, Jakarta Pusat, Kamis (16/7).

Dari hasil monitor yang dilakukannya, Bakwan Ferizan Ginting mengatakan, sekitar 50 persen pedagang dan pembeli telah mematuhi Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 142 tahun 2019 tentang penggunaan KBRL ini.

Walaupun, lanjutnya, masih menemukan pedagang yang mengunakan plastik, seperti pedagang daging, ikan, dan ayam segar.

"Ada beberapa pedagang ikan, daging, ayam merasa kesulitan kalau tidak menggunakan plastik. Jadi disarankan memakai plastik gulung, hanya sekali lapis saja. Sebagian pedagang juga sudah menyiapkan KBRL di kiosnya. Bagi yang tidak membawa KBRL," ungkapnya.

Selain melakukan monitor, kata Bakwan Ferizan Ginting, pihaknya juga terus melakukan sosialisasi Pergub Nomor 142 tahun 2019 ini, untuk meminimalkan penggunaan kantong plastik yang berlebihan. Sebab, keberadaan kantong plastik dapat mengotori lingkungan sekitar.

"Pada umumnya mereka sudah mematuhi peraturan Pergub 142 tahun 2019. Kesadaran masyarakat untuk menggunakan KBRL yang dibawa dari rumah," tandasnya. (As)

 

Komimfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait