Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakpus Tinjau Penggunaan KBRL di Pasar Atom

Situasi perdagangan di Pasar Metro Atom, Pasar Baru. Foto: Lik

Jakarta Pusat, -- Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Pusat, Bakwan Ferizan Ginting menilai warga baik pedagang maupun pengunjung di pasar-pasar tradisional sudah mulai mentaati aturan penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan (KBRL) seperti tertuang dalam Pergub DKI 142 tahun 2019.

"Sebagian besar pedagang sudah paham. Tadi saya lihat beberapa pedagang menyiapkan kantong daur ulang seperti di toko-tokonya, toko buah juga ada," ucapnya, usai meninjau di Pasar Metro Atom, Pasar Baru, Jakarta Pusat, Rabu (15/7).

Masih kata Bakwan Ferizan Ginting, meski demikian masih menemukan adanya penggunaan kantong belanja sekali pakai dalam tinjauannya.

"Masih ada beberapa yang menggunakan plastik sekali pakai, seperti pedagang daging dan ayam itu masih ada beberapa," katanya.

Meski demikian, lanjutnya, secara garis besar, sudah cukup banyak pedagang yang menaati penggunaan kantong belanja ramah lingkungan.

Selain meninjau penerapannya, Bakwan Ferizan Ginting, juga meninjau proses sosialisasi kantong belanja ramah lingkungan untuk melihat peran pengelola mengingatkan masyarakat terhadap Pergub 142 tahun 2019 itu.

"Dalam setiap satu jam mereka menginformasikan (penggunaan KBRL) melalui information centernya. Saya rasa itu cukup efektif dan bagus," tutupnya. (As)

 

Kominfotik JP/As


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait