Aspem Jakpus Usulkan Pelaksanaan Musrenbang Lebih Homey

Musrenbang di Kelurahan Kwitang, Senen, Jakarta Pusat. Foto: Zak

Jakarta Pusat, -- Asisten Pemerintahan (Aspem) Administrasi Kota Jakarta Pusat, Denny Ramdany mengusulkan pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dibuat dengan nuansa homey (nyaman seperti di rumah).

Hal ini diugkapkannya saat membuka Musrenbang di Kelurahan Kwitang, Senen, Jakarta Pusat, Rabu (29/1).

"Ketika saya datang kesini, liat posisi duduk seperti ini udah ngeri, rasanya seperti adu debat. Padahal kita ingin membahas usulan masyarakat," ungkapnya didampingi Camat Senen, Ronny Japriko.

Seharusnya, lanjut Denny pelaksanaan Musrenbang ke depannya bisa digelar lesehan dengan mengelar karpet dan menyantap nasi liwet. Agar tidak ada jarak antara pemerintah dan warga. Sebab, yang menjadi tujuan Musrenbang adalah usulan dari kebutuhan masyarakat.

"Kalau susananya lebih homey, usulan yang diajukan pun diharapkan jauh lebih berkualitas," katanya.

Meski demikian, dia menilai pelaksnaan Musrenbang saat ini jauh lebih baik. Sebab, saat ini alur usulan warga dilakukan mulai dari tingkat yang paling rendah, yakni Pra Rembuk RW.

"Kalau dulu Musrenbang langsung saja di tingkat atas, yang bawah nggak tau usulannya apa, sesuai kebutuhan atau tidak. Sementara sekarang sudah dilakukan di tingkat bawah," tandasnya. (As)

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait