Atasi Genangan, SDA Jakpus Buat Tanggul dari Bronjong

Pengurasan dilakukan petugas SDA. Foto: Lik

Jakarta Pusat, -- Guna mengantisipasi genangan, Suku Dinas (Sudin)  Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Pusat akan membuat tanggul sementara dari bronjong atau batu kali.

Kepala Sudin SDA Jakarta Pusat, Ahmad Saeful mengatakan, rencananya akan membuat tanggul sementara dari bronjong pada titik tertentu yang dianggap rawan luapan. Seperti di Kali Sentiong, Johar Baru, akan diberikan tanggul sementara dengan bronjong.

"Selain menempatkan bronjong, kita juga sudah melakukan pengerukan di sejumlah saluran penghubung maupun kali dan sungai yang ada di wilayah Jakarta Pusat. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi genangan saat hujan," ujar Ahmad Saeful saat menyampaikan paparannya dihadapan Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Irwandi di Ruang Pola Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Selasa (27/10).

Menurutnya ada enam lokasi titik prioritas yang menjadi perhatian dalam mengantisipasi genangan yakni di Kelurahan Johar Baru, Kelurahan Karet Tengsin, Kelurahan Petamburan, Kelurahan Bendungan Hilir, Kelurahan Kebon Kelapa, Kelurahan Cempaka Putih Barat, dan Kelurahan Cempaka Putih Timur.

“Kami juga akan memperbaiki tanggul yang rusak akibat longsor, penambahan kapasitas stationer di pompa, penambalan sheet pile kali yang bocor, membuat kolam olakan serta menempatkan pompa mobile saat musim hujan di lokasi rawan genangan dan banjir," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Irwandi menguncapkan terima kasih kepada SDA Jakarta Pusat yang telah mengupayakan segala cara dalam mengatasi genangan di wilayah Jakarta Pusat.

Menurut Irwandi, sebenarnya dalam mengatasi genangan di wilayah Jakarta Pusat tidak hanya dilakukan oleh SDA, tapi harus berkolaborasi dengan intansi terkait seperti Bina Marga, Lingkungan Hidup, Pertamanan dan Kehutanan Kota serta para camat dan Lurah.

“Mudah-mudah wilayah Jakarta Pusat tidak mengalami genangan di saat hujan lebat," jelas Irwandi.

Ikut hadir dalam paparan tersebut  Asisten Perekonomi dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Pusat, Bakwan Ferizan Ginting dan Kepala Inspektorat Pembantu Kota Administrasi Jakarta Pusat, Ahmad Dasuki. (As)

 

Kominfotik JP/Day


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait