Awasi Kualitas Pangan, Pemkot Jakpus dan BPOM Gelar Pelatihan

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Kota Jakarta Pusat berkolaborasi dengan BPOM mengadakan pelatihan pangan aman. Foto: Zak

Jakarta Pusat, -- Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat berkolaborasi dengan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) DKI Jakarta menggelar rapat koordinasi ketahanan pangan terpadu, di salah satu hotel kawasan, Senen, Jumat (26/3).

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Kota Jakarta Pusat M Fahmi dalam sambutannya mengapresiasi apa yang dilakukan BPOM DKI Jakarta.

Menurutnya, kondisi saat ini sulit sekali mencari olahan makanan dan jajanan anak yang relatif aman.

"Kegiatan ini tidak bisa dilakukan oleh BPOM maupun Pemkot Jakarta Pusat sendiri, kita harus melibatkan semua stakeholder termasuk keterlibatan masyarakat," paparnya dalam kegiatan yang bertemakan Advokasi Terpadu Program Desa Pangan Aman (GKPD), Pangan Jajanan yang Dikonsumsi Anak Usia Sekolah (PJAS) dan Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas ini.

Keterlibatan semua stakeholder, lanjut Fahmi, merupakan bagian dari kolaborasi dalam rangka mendapatkan pangan dan jajanan anak sekolah dan pasar aman.

"Kami berharap pangan aman itu konsekuensinya kesehatan. Menjadikan anak-anak lebih sehat dan cerdas," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Balai Besar POM Provinsi DKI Jakarta Safriansyah mengatakan, penyelenggaraan kegiatan ini sebagai satu tahapan program ketahanan pangan terpadu di Jakarta Pusat. 

"Program ketahanan pangan terpadu meliputi tiga aspek yakni desa pangan aman, pangan jajanan usia anak sekolah, dan pasar aman berbasis komunitas," ujar Safriyansah.

Oleh sebab itu, dia menambahkan, dengan adanya kegiatan yang berbentuk pelatihan kader bagi pasar tradisional, sekolah, dan kelurahan ini diharapkan dapat secara mandiri mengawasi pangan aman di wilayahnya masing-masing.

"Kami mendapat dukungan penuh dari Pemkot Jakarta Pusat yang melibatkan seluruh organisasi perangkat daerah terkait untuk bersinergi dalam kegiatan ini," ungkapnya. (As)

 

Kominfotik JP/ FP


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait