Baznas Bazis Berikan Penghargaan Bagi Kelurahan dan Kecamatan Pencapaian ZIS Terbanyak

Baznas Bazis Berikan penghargaan bagi kelurahan dengan pencapaian ZIS terbanyak. Foto: As

Jakarta Pusat, -- Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat menggelar evaluasi dan optimalisasi pencapaian hasil pengumpulan ZIS (Zakat, Infak, Sedekah) program kerja Baznas Bazis serta pemberian apresiasi kepada petugas operasional tahun 2021.

Plt Koordinator Baznas Bazis Kota Administrasi Jakarta Pusat Ali Ridho melaporkan adanya peningkatan pencapaian ZIS dari tahun 2019 pengumpulan ZIS sebesar 7,3 miliar, di tahun 2020 terjadi peningkatan sebesar 10,7 miliar.

"Meskipun dalam situasi pandemi tapi kita masih bisa berbuat kebaikan untuk meningkatkan pendapatan ZIS. Saya mengapresiasi kepada seluruh pimpinan wilayah dan petugas operasional yang telah berkerja keras mengumpulkan dana ZIS di tahun 2020. Mudah-mudahan di tahun 2021 bisa lebih mencapai target," katanya di Ruang Pola Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang l, Gambir, Senin (12/4).

Di tempat yang sama, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menambahkan, ini merupakan suatu upaya menggali potensi ZIS yang ada di lingkungan masyarakat dan hasilnya diapresiasi dengan baik oleh Baznas Bazis.

"Jika pendapatan pencapaian ZIS meningkat otomatis pendayagunaannya akan meningkat. Apa yang telah dikumpulkan langsung dimanfaatkan dan dapat dirasakan masyarakat," jelasnya.

Menurutnya, Baznas Bazis merupakan lembaga kemitraan strategis Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam rangka memberdayakan umat.

"Saya berharap kecamatan dan kelurahan dapat meningkatkan ZIS, mari berlomba untuk kebaikan," tutur Dhany.

Sementara itu, Lurah Bendungan Hilir (Benhil) Rida Mufrida bersyukur wilayahnya mendapatkan Juara I pengumpulan ZIS terbanyak tahun 2020.

Dalam pencapaiannya itu, Rida mempunyai kiat-kiat untuk meningkatkan ZIS.

"Setiap apa yang menjadi program Baznas Bazis saya langsung sampaikan kepada RT-RW. Seperti, bedah rumah dan jika pencapaian ZIS meningkat kami juga memberikan apresiasi kepada RT-RW," ungkapnya.

Rida juga berharap mudah-mudahan warga masyarakat di wilayah Benhil semakin menyadari bahwa keberadaan Baznas Bazis ini benar-benar sangat dibutuhkan oleh warga terkait berbagai programnya.

"Sebab apa yang telah warga kumpulkan dari ZIS akan dikembalikan ke warga di wilayah Benhil," jelasnya.

Untuk diketahui, Baznas Bazis menyalurkan bantuan kepada 200 Guru Ngaji, 200 Petugas Masjid, dan 100 Da'i (penceramah) di delapan Kecamatan di wilayah Jakarta Pusat. Masing-masing mendapatkan bantuan sebesar 1 juta rupiah. Kegiatan ini dilakukan secara bertahap di bulan Ramadan.

Sementara, untuk Satlak Pendidikan JP I Juara I Satlak Kecamatan Johar Baru mendapatkan bantuan sebesar 1 juta rupiah, dan Juara II Satlak Kecamatan Tanah Abang mendapatkan bantuan sebesar 750 ribu rupiah.

 

Kominfotik JP/As


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait