Baznas Bazis Jakpus Serah Terima Kunci Program Bedah Rumah Bagi Warga Kemayoran

Peresmian bantuan Program Bedah Rumah Tahun 2020. Foto: pusat.jakarta.go.id

Jakarta Pusat, -- Wabah pandemi Covid-19 telah berdampak banyak terhadap segala sendi kehidupan. Selain faktor kesehatan, penyebaran virus mematikan ini juga berpengaruh besar pada pertumbuhan ekonomi.

Namun, di tengah pandemi, Baznas Bazis Jakarta Pusat tetap berbagi keberkahan. Salah satu aksi nyatanya adalah dengan tetap melaksanakan program bedah rumah yang berjumlah 66 unit bagi warga mustahik (orang yang berhak) di wilayah Jakarta Pusat.

Reni Agustini, warga Jalan Kemayoran Timur I RT 03/RW 08, Kemayoran ini merupakan salah satu dari 66 unit yang telah rampung pengerjaannya dalam program bedah rumah tahun 2020.

Pada Senin (11/01) kemarin telah diresmikan secara simbolis dengan serah terima kunci dari perwakilan Baznas Bazis Jakarta Pusat kepada pemilik rumah, disaksikan jajaran Kelurahan Kemayoran.

Reni Agustini mengatakan, sangat bersyukur bahwa rumahnya masuk ke dalam program bedah rumah tahun 2020.

“Saya sangat bersyukur. Alhamdulilah rumah saya bisa seperti ini. Proses renovasi atau bedah rumahnya termasuk cepat karena hanya memakan waktu sebulan hingga selesai,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Lurah Kemayoran, Rachmat Fajar mengucapkan terima kasih kepada Bapak  Wali Kota dan Baznas Bazis Jakarta Pusat hingga terlaksananya bedah rumah bagi salah satu warganya.

“Program bedah rumah jelas sangat membantu, khususnya bagi warga kurang mampu untuk mendapatkan hunian yang layak dan memadai,” katanya.

Ia juga mengajak warga agar rajin beramal shodaqoh di kotak-kotak amal yang dititipkan di beberapa masjid dan musala. Sehingga amal tersebut dapat kembali ke masyarakat khususnya bagi kaum dhuafa, fakir miskin, dan yatim piatu.

“Dari kotak amal tersebut juga dapat membantu operasional masjid dan musala serta bantuan lainnya seperti bedah rumah ini,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Bazis Jakarta Pusat, TB Abdul Fatahillah menambahkan bahwa program bedah Rumah ini merupakan program kolaborasi antara Baznas Bazis dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Mulai dari koordinasi pemilihan unit rumah warga mustahik di setiap wilayah Kelurahan yang  melibatkan jajaran RT, RW hingga kelurahan setempat dengan verifikasi data hingga cek survei kelayakan.

“Selain itu, hingga besaran Jumlah biaya dana renovasi setiap unit dan eksekusi yang melibatkan pihak pengembang dalam melaksanakan proses renovasi program bedah rumah ini,” tandasnya.

 

Kominfotik JP/As


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait