Begini Cara Kerja Pompa Air Yunani di Jalan Pangeran Jayakarta

Petugas SDA mengoperasikan mesin pompa air asal Yunani. Foto: Lik

Jakarta Pusat, -- Suku Dinas (Sudin) Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Pusat (Jakpus) memasang pompa air asal Yunani di rumah pompa Jalan Pangeran Jayakarta, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Rabu (13/1).

Kepala Suku Dinas (Kasudin) SDA Kota Administrasi Jakarta Pusat, Saiful menerangkan pompa asal Yunani ini bisa difungsikan secara otomatis maupun manual. Sistem kerja otomatis pompa akan langsung mendeteksi tinggi muka air jika terjadi genangan. Selanjutnya pompa akan bekerja menyedot air dan membuangnya ke anak Kali Ciliwung.

"Ada dua pompa kita pasang, kapasitasnya 250 liter per-detik. Jadi ketika kondisi air tinggi, pompa akan sedot otomatis dan membuang ke kali," ungkapnya.

Sebelumnya, kata Saiful, di kawasan tersebut sudah ada pompa eksisting berkapasitas 150 liter per-detik dan 500 liter per-detik. Namun, pompa tersebut tidak bisa menangani genangan air yang terjadi di kawasan Pangeran Jayakarta. Sehingga, Sudin SDA melakukan pengadaan pompa baru.

"Selain pompa, kawasan ini juga didukung kolam retensi 760 meter persegi yang ada dekat ruko persimpangan jalan Gunung Sahari dan Pangeran Jayakarta. Sehingga diharapkan bisa menangulangi genangan yang ada," jelasnya.

Saiful juga mengatakan, ada dua pompa lainnya yang dipasang di wilayah Kecamatan Sawah Besar, selain di Jalan Pangeran Jayakarta. Yakni di Kawasan Industri satu unit berkapasitas 1.000 liter per-detik, di Rajawali Selatan berkapasitas 500 liter per-detik.

"Jadi total ada empat unit yang dipasang di Kecamatan Sawah Besar," tandasnya. (As)

 

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait