Beragam Cara Lurah Tanah Tinggi Cegah Warga Buang Sampah ke Kali

Lurah Tanah Tinggi menaruh beberapa pot bunga berisi tanaman dan spanduk imbauan di pinggir Kali Sentiong. Foto: pusat.jakarta.go.id

Jakarta Pusat, -- Lurah Tanah Tinggi, Imran harus mencari akal untuk mencegah warganya membuang sampah sembarangan, khususnya ke Kali Sentiong.

Kali Sentiong merupakan salah satu titik prioritas penanganan genangan atau banjir di wilayah Jakarta Pusat. Pengerukan dan pengurasan masih terus dilakukan oleh Suku Dinas Sumber Daya Air.

Kerja bakti gerebek lumpur juga rutin dilaksanakan di sepanjang Kali Sentiong, yang masuk dalam beberapa kelurahan di wilayah Kecamatan Johar Baru. Selain Sudin SDA, turut terlibat juga Suku Dinas Lingkungan Hidup, dan Suku Dinas Bina Marga.

Sedimen lumpur memang menyebabkan pendangkalan pada Kali Sentiong. Namun, selain itu sampah juga dapat memperburuk keadaan. Oleh karena itu, dibutuhkan kesadaran warga untuk tidak membuang sampah ke kali.

“Kami menaruh beberapa pot bunga berisi tanaman dan spanduk imbauan di pinggir kali. Saya berharap dengan pemandangan yang lebih rapi dan indah ini warga lebih sadar untuk turut memelihara kebersihan lingkungan,” ujar Imran.

Selain itu, Imran juga mengandalkan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU). “Saya tugaskan PPSU bergiliran untuk keliling dan mengingatkan warga,” tambahnya.

Tidak hanya melarang, Lurah Tanah Tinggi berusaha untuk mencarikan solusi bagi warganya. “Kami berkoordinasi dengan Seksi Dinas Lingkungan Hidup Kecamatan, untuk menjadwalkan mobil pengangkut sampah mulai dari pukul 7 sampai dengan 10 pagi,” ungkap Imran.

Kominfotik JP/SAF


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait