Berlangsung Enam Gelombang, 972 Unit Kendaraan Ikut Uji Emisi Gratis

Uji emisi gratis di Komplek Perkantoran Rawa Kerbau, Cempaka Putih. Foto: Zak

Jakarta Pusat, -- Pelaksanaan Uji Emisi gratis yang digelar Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Jakarata Pusat berlangsung secara enam gelombang ini telah memberikan layanan terhadap 972 unit kendaraan berbahan bensin maupun solar, di Komplek Perkantoran Rawa Kerbau, Cempaka Putih.

"Pelaksanaan uji emisi gas buang selesai pada Kamis (28/1) kemarin. Uji emisi yang berlangsung selama enam gelombang ini dimulai dari tanggal 14, 19, 20, 26, 27, dan 28 Januari 2021 sudah memberikan layanan sebanyak 972 kendaraan. Dari jumlah tersebut 110 kendaraan tidak lulus uji," kata Kepala Suku Dinas (Kasudin) LH Kota Administrasi Jakarta Pusat Marsigit saat dikonfirmasi, Jumat (29/1).

Adapun rincian kendaraan bermotor yang ikut uji emisi yaitu, kendaraan berbahan solar sebanyak 187 unit (lulus 126 unit tidak lulus 61 unit), sedangkan kendaraan berbahan bensin sebanyak 785 unit (lulus 736 unit dan tidak lulus 49 unit kendaraan).

"Kepada kendaraan yang tidak lulus uji emisi supaya diservis kendaraannya dan lakukan secara berkala,“ jelasnya.

Seperti diketahui, kegiatan uji emisi ini merupakan bagian dari program 'Jakarta Langit Biru' dan sebagai tindak lanjut Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 66 Tahun 2020 tentang uji emisi gas buang kendaraan bermotor.

Dalam pelaksanaan uji emisi ini, Sudin LH juga berkerja sama dengan pihak swasta seperti, Auto 2000, Izuzu, Mitsubishi, Honda, dan Uni Lab. (As)

 

Kominfotik JP/Day


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait