Bulan Ramadan, Kelurahan Cempaka Putih Timur Berbagi Takjil Menolong Sesama

Lurah Cempaka Putih Timur Shinta Purnama Sari memberikan makanan siap saji untuk berbuka puasa. Foto: As

Jakarta Pusat, -- Setiap Ramadan tiba, berbagai macam kegiatan untuk menyemarakkan bulan penuh berkah ini dilakukan warga masyarakat. Salah satunya dengan pemberian makanan dan minum untuk berbuka puasa (takjil) bagi warga kurang mampu terlebih di masa pandemi Covid-19.

Seperti yang dilakukan Kelurahan Cempaka Putih Timur dengan memberikan makanan siap saji bagi warga kurang mampu bekerja sama dengan Corporate Social Responsibility (CSR).

Sore itu, Lurah Cempaka Putih Timur Shinta Purnama Sari, Sekretaris Kelurahan, dan jajarannya bergegas menuju salah satu restoran (CSR) mengambil makanan siap saji telah disediakan untuk berbuka puasa yang akan dibagikan warga kurang mampu di Jalan Cempaka Putih Tengah 27 D, RT 20 RW 04, Kamis (29/4).

Saat menuju ke lokasi Jalan Cempaka Putih Tengah 27 D, RT 20 RW 04 warga telah antre mendapatkan makanan siap saji untuk berbuka.

Shinta mengatakan, Kelurahan Cempaka Putih Timur telah memetakan titik mana saja yang akan diberikan makanan siap saji bagi warga kurang mampu.

"Seperti di Jalan Cempaka Putih Tengah 27 D, RT 20 RW 04, kita menggandeng CSR dari salah satu restoran untuk membuat makanan siap saji bagi warga kurang mampu," jelasnya.

Usai membagikan makanan siap saji, Shinta bersama jajarannya menuju lokasi berikutnya di Jalan Cempaka Putih Tengah XXVI A, ke tenda Takjil Gratis Cempaka Putih.

Di tempat ini berbagai makanan siap saji tersusun rapih, ada es buah, kolek, dan snack bagi anak-anak.

Ternyata kegiatan ini telah berlangsung pada tahun lalu dan berlanjut di tahun ini.

Berawal dari perbincangan antara Ketua RW 06 Lukman Sarah bersama warga dalam aksi sosial pada awal pandemi Covid-19 dengan memberikan makanan siap saji pada tahun lalu.

"Warga mendukung mencari CSR serta bantuan dari lingkungan sehingga pada tahun ini bantuan meningkat," jelasnya.

"Hampir setiap hari ada 600 boks nasi yang disiapkan dari tujuh CSR dan bantuan warga sekitar serta dukungan dari komunitas bakubantu.com (website cara cepat berdonasi)," ungkap Lukman, didampingi Jack dari Komuitas bakubantu.com.

Kegiatan ini berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Seperti, memakai masker, pengecekan suhu tubuh, menjaga jarak, dan membersikan tangan menggunakan hand sanitizer.

Antrean Sandal

Ada hal yang menarik dari pembagian takjil gratis di Jalan Cempaka Putih Tengah XXVI A. Adanya antrean sendal berukuran kecil milik anak-anak yang tersusun berjarak satu meter.

Anak-anak yang baru belajar berpuasa antusias mengantre takjil. "Kebanyakan di sini yang antre anak-anak yang baru belajar berpuasa dan merupakan suatu fenomena baru di masanya. Sehingga menunggu dengan meletakan sandalnya sebagai tempat antrean," jelas Lurah Cempaka Putih Timur Shinta Purnama Sari.

Sejak pukul 15.00 antrean sudah memanjang. Pemberian takjil berlangsung pada pukul 17.00 dengan membunyikan suara menggunakan palu yang mengarah langsung ke tiang listrik.

Anak-anak dan warga kurang mampu pun bergegas menuju tenda pembagian takjil dan memilih salah satu menu untuk berbuka puasa.

Shinta secara simbolis memberikan satu menu makanan yang diinginkan warga dan masker secara gratis.

"Saya mengucapkan terima kasih bagi RW 06 dan komunitas bakubantu yang rupanya kegiatan sosial di awal masa pandemi pada tahun lalu akhirnya tahun ini berlanjut terus. Dan menjadi barometer wilayah dalam melakukan hal yang sama untuk mengikatkan rasa solidaritas antara warga. Serta meningkatkan CSR untuk berkolaborasi bersama menolong sesama yang kekurangan," pungkasnya.

 

Kominfotik JP/As


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait