Camat Kemayoran Resmikan Bedah Rumah Warga yang Diprakarsai Ketua RW 04 Serdang

Camat Kemayoran meresmikan bedah rumah di Serdang. Foto: Lik

Jakarta Pusat, -- Toro (52) yang tinggal bersama kedua anaknya tak kuasa menahan air matanya saat melihat rumahnya di Jalan Lapangan Pors IX RT 07/04, Serdang, Kemayoran, Jakarta Pusat yang dulu rusak kini menjadi bagus seperti apartemen.

Ia mengaku merasa senang rumahnya telah direnovasi menjadi bagus pada program bedah rumah yang diprakarsai oleh pengurus RW 04. “Alhamdulillah, sekarang rumah saya sudah bagus seperti apartemen. Yang dulu rumah saya berlantai tanah dan beratap asbes yang sudah bolong-bolong," ungkapnya.

Ia juga bercerita untuk tidur saja susah tetapi sekarang sudah bagus nyaman dan aman tinggal di rumah.

Rumah Toro selesai direnovasi secara swadaya melalui program bedah rumah diperkasai oleh Ketua RW 04, Masuhadi bersama Ketua Dewan Masjid Kemayoran, Bambang Subroto.

Bedah rumah dilakukan kurang lebih selama 20 hari menghabiskan dana sebesar Rp19 juta. Peresmian dan serah terima kunci dilakukan Camat Kemayoran, Asep Mulyaman secara simbolis didampingi Lurah Serdang, Riska Handayani.

Camat Kemayoran, Asep Mulyaman mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Ketua RW 04 dengan membantu warga yang tidak mampu dalam program bedah rumah secara swadaya, murni dari masyarakat.

Bedah rumah yang dikelola melalui pengurus dan penasehat RW ini dilakukan setiap tahun terhadap rumah yang tidak layak huni.

“Kita bukan lihat nilainya tapi bentuk kepedulian dan apresiasinya, pengurus RW memperhatikan warganya," kata Asep saat meresmikan rumah bedah hasil swadaya masyarakat di RT 07/04, Minggu (15/11).

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pengurus RW 04 dengan inisiatifnya membantu pemerintah dalam program bedah rumah. "Kegiatan seperti ini sangat baik di mana masyarakat yang rumah tidak layak menjadi layak huni, dan nyaman untuk tempat tinggal.

"Saya berharap, program ini berkesinambungan dan semoga RW lainnya yang ada di wilayah Kecamatan Kemayoran dapat mengikuti jejak RW 04," harapnya.

Sementara itu, Ketua RW 04 Kelurahan Serdang, Masuhadi menjelaskan, kegiatan bedah rumah ini merupakan salah satu program RW 04 dan sudah ada lima rumah yang telah direnovasi.

"Kami selalu keliling lingkungan ke rumah warga, untuk melihat warga yang betul-betul tidak mampu dan rumahnya tidak layak huni. Dan ini merupakan program kami untuk mengentaskan kemiskinan khususnya di warga RW 04,"  ucap Hadi.

"Insyaallah program ini akan terus berlanjut selama saya menjadi pengurus RW 04, ada rezeki dan sehat. Dalam program bedah rumah ini kami tidak bekerja sendiri tetapi bekerja sama dengan Yayasan Al-Hidayah, yang diketuai oleh Bambang Subroto dan mantan pengurus RW 04 serta pengurus Dewan Masjid Kemayoran," tambahnya. (As)

 

Kominfotik JP/Day


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait