Cegah DBD Kecamatan Gambir Lakukan PSN Plus

Pembasmian Sarang Nyamuk (PSN) Plus guna mencegah Demam Berdarah Dengue (DBD). Foto: dok pusat.jakarta.go.id

Jakarta Pusat, -- Memasuki musim peralihan dari musim penghujan ke musim panas, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat melakukan Pembasmian Sarang Nyamuk (PSN) Plus guna mencegah Demam Berdarah Dengue (DBD).

Wakil Camat Gambir Agus Triyono menerangkan, kegiatan PSN Plus ini dilakukan bersamaan dengan kegiatan kerja bakti Tingkat Kecamatan Gambir yang dilakukan hari ini, Rabu (11/03).

“Setelah musim penghujan kemudian ke musim panas biasanya akan ada peningkatan wabah DBD. Maka dari itu kita lakukan antisipasi dengan PSN Plus untuk meminimalisir,” ungkapnya.

Agus menjelaskan, biasanya PSN secara rutin dilakukan di wilayahnya setiap Jumat. Namun untuk pencegahan DBD PSN Plus dilakukan seminggu dua kali.

“Jadi Jumantik akan sama-sama bergerak hari ini melakukan pemeriksaan jentik nyamuk ke rumah-rumah warga,” jelasnya.

Untuk diketahui, agar program PSN bisa lebih efektif, maka kini pemerintah mencanangkan program yang lebih komplit yaitu dengan menambahkan PLUS. Apa saja program PLUS itu, sebagai berikut: memelihara ikan cupang, pemakan jentik nyamuk, menaburkan bubuk abate pada kolam atau bak tempat penampungan air, setidaknya dua bulan sekali. Takaran pemberian bubuk abate yaitu 1 gram abate/10 liter air. Tidak hanya abate, Mak juga bisa menambahkan zat lainnya yaitu altosoid pada tempat penampungan air dengan takara 2,5 gram/100 liter air. Abate dan altosoid bisa Mak dapatkan di Puskesmas, apotik atau toko bahan kimia.

Menggunakan obat nyamuk, baik obat nyamuk bakar, semprot atau elektrik. Menggunakan krim pencegah gigitan nyamuk. Melakukan pemasangan kawat kasa di lubang jendela/ventilasi untuk mengurangi akses masuk nyamuk ke dalam rumah. Tidak membiasakan menggantung pakaian baik pakaian baru atau bekas di dalam rumah. Sangat dianjurkan untuk memasang kelambu di tempat tidur. (As)

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait