Disabilitas Kini Punya Taman Khusus di Jakpus

Taman Setara, Tanah Abang Timur (Tanamur). Foto: Mam

Jakarta Pusat, -- Suku Dinas (Sudin) Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat, telah membuat taman khusus bagi penyandang disabilitas.

Kasudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakpus, Mila Ananda mengatakan, taman khusus disabilitas ini berada di Taman Setara, Tanah Abang Timur (Tanamur), dan Taman Sumenep Promade, Menteng.

Menurutnya, kedua taman ini dibangun pada tahun 2019 lalu, dan telah rampung direvitalisasi. Namun, karena situasi pandemi Covid-19 kedua taman ini belum bisa dibuka maupun diresmikan.

“Taman-taman ini belum bisa dibuka maupun diresmikan," ungkapnya, saat ditemui di ruang, Suku Dinas Pertanaman dan Hutan Kota Jakpus, di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Senin (10/8).

Awal mula terbentuknya Taman Setara khusus disabilitas, ia ingin masyarakat tanpa terkecuali disediakan akses yang sama di ruang terbuka hijau.

Dalam proses pembangunan Taman Setara ini, Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakpus juga mengandeng komunitas disabilitas untuk meninjau langsung dan menyampaikan kebutuhannya.

“Kita undang mereka (penyandang disabilitas), kita minta mereka kasih masukan apa saja yang mereka butuhkan di ruang terbuka hijau. Tamannya pun kita kasih nama Setara. Supaya penyandang disabilitas punya akses yang sama,” paparnya.

Mila menambahkan, di Taman Setara ini pihaknya menyediakan berbagai macam fasilitas mulai dari fitness area yang ramah dan bisa diakses disabilitas, jalan masuk dengan rally, dan guiding block, serta meja untuk mereka makan.

“Kita sediakan meja, bagi mereka yang tidak bisa mengakses kursi duduk. Jadi mereka yang mengunakan kursi roda bisa makan di meja itu,” tandasnya. (As)

 

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait