Dukung Pengunaan KBRL, Sudin PPKUKM Gelar Pelatihan Online Membuat Tas Belanja

Kepala Suku Dinas (Kasudin) PPKUKM, Bangun Richard. Foto: pusat.jakarta.go.id

Jakarta Pusat, -- Guna mendukung Peraturan Gubernur (Pergub) No 142 tahun 2019 tentang pengunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan (KBRL), Sudin Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (PPKUKM) menggelar pelatihan online membuat tas belanja bagi para Jakpreneur binaan Sudin PPKUKM.

Kepala Suku Dinas (Kasudin) PPKUKM, Bangun Richard menerangkan, dengan adanya penerapan pengunaan KBRL di Jakarta. Ia melihat adanya peluang usaha bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM) kreatif menjadi wirausaha baru untuk memproduksi tas belanja ramah lingkungan. Sehingga, pihaknya menggelar pelatihan online pembuatan tas belanja ramah lingkungan hari ini (9/7).

"Kita ingin mendukung program gubernur sesuai Pergub 142 tentang KBRL, sekaligus kita melihat adanya peluang usaha di bidang ini," terangnya.

Selain itu, lanjutnya, pelatihan online pembuatan tas belanja ini juga diadakan untuk mengembangkan potensi dan keterampilan usaha dengan kegiatan kolaboratif antara pemerintah dengan dunia usaha sesuai Pergub PKT No 2 tahun 2020. Sebab, pelatihan ini bekerja sama dengan dunia usaha, praktisi kerajinan tangan untuk menjadi narasumber dari kegiatan ini.

"Kita kolaborasi dengan narasumber dari praktisi kerajinan tangan, pemilik batik Ismoyo dan pemilik workshop Indah Terampil di Beranda Nusantara Mall Casablanca," paparnya.

Kegiatan pelatihan online ini diikuti 100 peserta yang terdaftar sebagai Jakpreneur Sudin PPKUKM Jakpus dari delapan kecamatan yang ada di antaranya; Kecamatan Sawah Besar 12 peserta, Kecamatan Menteng 12 peserta, Kecamatan Johar Baru 15 peserta, Kecamatan Tanah Abang 12 peserta, Kecamatan Cempaka Putih 12 peserta, Kecamatan Gambir 10 peserta, dan Kecamatan Kemayoran 15 peserta. (As)

 

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait