Empat Underpass Wilayah Jakpus Dikuras

Suku Dinas (Sudin) Bina Marga Jakarta Pusat menguras saluran yang ada di dalam underpass arah pramuka. Foto: Chr

Jakarta Pusat, -- Suku Dinas (Sudin) Bina Marga Jakarta Pusat kembali mengecek empat lokasi underpass yang berada di Senen, Jalan Angkasa, Matraman dan Dukuh Atas. Pengecekan pertama dimulai di underpass Matraman, Kecamatan Senen.

Petugas pun melakukan pengecekan mulai dari kondisi mesin pompa, saluran dan grill penutup saluran.

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Bina Marga Jakarta Pusat Rakim Sastranegara didampingi Kasie Jalan dan Jembatan Yudha Catur menerangkan, pengerjaan yang dilakukan di Underpass Matraman saat ini menguras saluran yang ada di dalam underpass arah pramuka.

"Baru mulai pengerjaan hari ini. Perbaikan ini menyusul pasca terjadinya genangan pada tanggal 23 Februari lalu. Penyebabnya karena ada banyak faktor, salah satunya berasal dari genangan di jalanan atas underpass dan air jatuh ke bawah (underpass). Saluran juga penuh sehingga tidak dapat menampung air," terangnya.

Sementara itu, Yuda menjelaskan, jika ada kerusakan bagian dinding underpass dan grill penutup saluran merupakan Tupoksi Dinas Bina Marga DKI Jakarta. Sementara perawatan underpass dan pompa merupakan kewenangan Sudin Bina Marga Jakpus.

"Dari empat underpass di Jakpus terdapat 19 unit pompa. Seluruhnya masih perawatan Sudin Bina Marga Jakpus," katanya.

Menurutnya, 19 pompa yang tersebar di empat underpass memiliki kapasitas sedot air bervariasi. Misalnya di underpass Senen ada empat unit pompa dengan masing-masing pompa berkapasitas 100 liter perdetik. Underpass Dukuh Atas ada enam unit pompa dengan masing-masing tiga pompa kapasitas 250 liter perdetik, satu pompa kapasitas 210 liter perdetik dan dua pompa kapasitas 100 perdetik.

"Underpass Matraman ada lima unit pompa, di antaranya tiga pompa kapasitas 130 liter perdetik dan dua pompa 14,7 liter pendetik. Underpass Jalan Angkasa ada dua pompa kapasitas 250 liter perdetik dan dua pompa kapasitas 100 liter perdetik," jelasnya.

Untuk diketahui, sebanyak 10 Satgas Sudin Bina Marga Jakpus diterjunkan ke lokasi. Ditargetkan selesai pengurasan satu pekan ke depan. Dari hasil monitoring petugas di lapangan tidak ada kerusakan terhadap pompa di underpass. (As)

Kominfotik JP/Chr


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait