GenRe Visit Wujudkan Remaja Sehat, Cerdas, dan Berkualitas

GenRe Visit di kantor Kelurahan Kampung Rawa. Foto: FP

Jakarta Pusat, -- Generasi Berencana (GenRe) merupakan program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui berbagai pemahaman tentang Pendewasaan Usia Perkawinan. Pendewasaan yang dimaksud berupa pembelajaran agar generasi muda mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

Untuk itu, Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Provinsi DKI Jakarta bersama Suku Dinas (Sudin) PPAPP Jakarta Pusat mengadakan GenRe Visit Komunikasi, informasi, dan edikuasi dengan tema ‘Menjadi Remaja Sehat, Cerdas, dan Berkualitas’ yang diinisiasi dari para Duta GenRe (Generasi Berencana) Provinsi DKI Jakarta, di kantor Kelurahan, Kampung Rawa, Johar Baru Jakarta Pusat, Rabu (18/11).

Lurah Kampung Rawa, Ferry Zahrudin mengatakan, GenRe Visit merupakan kegiatan yang bagus dalam memberikan edukasi bagi remaja untuk merencanakan maupun menyiapkan kehidupan mereka nantinya. Bagaimana menentukan kapan berkeluarga, berprilaku dengan baik, tidak menggunakan narkoba, dan tidak melakukan seks bebas.

“Jadi melalui GenRe Visit ini remaja di Kampung Rawa bisa berkonsultasi dengan sebayanya dalam merencanakan kehidupan berkeluarga. Karena biasanya kalau sama orang tua suka tidak sepaham,” ungkapnya didampinggi Kepala Seksi PK2 Sudin PPAPP Jakpus, Tantri.

Ke depan, lanjutnya, para remaja yang mendapatkan sosialisasi ini akan diminta meneruskan informasi yang disampaikan kepada remaja lainnya di lingkungan Kelurahan Kampung Rawa.

“Kita minta untuk ketuk tularkan kepada masyarakat dan dipraktekan di wilayah masing-masing,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Advokasi Komunikasi Informasi dan Edukasi Dinas PPAPP DKI Jakarta, Andika Akbar, menerangkan kegiatan GenRe Visit ini merupakan program pembinaan dan konseling pada remaja-remaja yang ada di DKI Jakarta. Dan menjadi salah satu program Duta GenRe.

“Jadi kita menyiapkan remaja bagaimana menyiapkan diri dalam merencanakan masa depan mereka, mulai dari pendidikan setinggi mungkin, kapan usia ideal mereka menikah untuk wanita 21 tahun, dan pria 25 tahun,” terangnya.

Ia mengungkapkan, ke depannya para Duta GenRe dapat pendidik bagi sebanyanya dengan mensosialisasikan program-program generasi berencana. Sekaligus mempersiapankan diri untuk maju pada pemilihan Duta Gendre Tingkat Nasional.

“Untuk Jakarta Pusat, terpilih satu orang pria mewakili DKI Jakarta pada pemilihan Duta GenRe Tingkat Nasional. Saat ini kami sedang mempersiapkan walaupun dengan waktu yang terbatas, tapi akan diupayakan semaksimal mungkin meskipun di tengah pandemi,” tandasnya. (As)

 

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait