Gerebek Lumpur, Irwandi: Kali Sentiong Bukan Buat Tempat Sampah

Plh Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Irwandi meninjau pengerukan lumpur di Kali Sentiong. Foto: As

Jakarta Pusat, -- Plh Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Irwandi kembali meninjau gerebek lumpur di Kali Sentiong, Galur, Johar Baru, Jakarta Pusat, Minggu (6/12).

Saat datang ia langsung meninjau pengurukan lumpur yang ada di Kali Sentiong.

Plh Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Irwandi mengatakan setiap minggunya Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat bersama jajaran terkait terus meninjau pengerukan lumpur dan pembersihan sampah di Kali Sentiong. 

"Tiap minggu kita datangi. Progresnya pengerjaan pengerukan kali sudah berjalan dengan baik," katanya, didampingi Camat Johar Baru, Nurhelmi Savitri. 

Menurutnya air di hilir sudah mengalir dengan kencang karena kali telah dikeruk. Namun kendala yang masih terjadi ialah kedisiplinan warga yang masih membuang sampah ke kali. 

"Saya juga sudah minta sama camat dan lurah agar setiap pagi PPSU membersikan sampah di sekitar Kali Sentiong. Kita juga sudah memberikan spanduk imbauan, sosialisasi, dan denda jika membuang sampah di kali namun tetap saja buang sampahnya di kali," ungkapnya. 

"Disiplin masyarakat yang masih kurang. Kali ini bukan buat tempat sampah tapi untuk aliran air," tambahnya. 

Setelah kali dikeruk dan dibersihkan, lanjutnya, beberapa kali hujan turun Alhamdulillah tidak ada kendala dan air berjalan dengan lancar. 

Ke depannya, kata Irwandi, nanti setelah Kali Sentiong masuk ke Kelurahan Galur, Tanah Tinggi, Kampung Rawa dan semua di wilayah Johar Baru harus bisa tersentuh oleh alat yang telah disiapkan Sudin SDA. 

"Sistemnya dari hilir terlebih dahulu kita keruk pelan-pelan baru ke hulu. Mudah-mudah dengan pengerjaan ini kalinya gak dangkal lagi," jelasnya.

Dalam gerebek sampah di kali Sentiong Pemkot Administrasi Jakarta Pusat menerjunkan petugas dari Suku Dinas (Sudi) Sumber Daya Air, PPSU, Sudin Lingkungan Hidup, Gulkarmat, Disuhub, FKDM, Babinsa, dan Polisi.

Sudin SDA juga menurunkan dua alat berat excavator untuk mengeruk lumpur di Kali Sentiong. 

 

Kominfotik JP/As


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait