HUT PPNI ke-46, Para Kader Dilatih Pelayanan Medis

Pelatihan penanganan medis. Foto: Rif

Jakarta Pusat, -- Ratusan warga yang tergabung dalam kader Posyandu, PKK, Dasawisma, dan kader Puskemas mengikuti pelatihan penangangan darurat di gedung Gelanggang Remaja, Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (6/03).

Ketua Dewan Pengurus Daerah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPD PPNI) Kota Administrasi Jakarta Pusat Nana Supriatna menjelaskan, kegiatan pelatihan ini dilakukan dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) PPNI ke-46.

"Di sini hadir 150 kader yang akan dibekali pengetahuan, pemahaman terhadap keadaan darurat penanganan medis. Yang berikan pelatihan ini adalah para perawat," ucap Nana.

Menurutnya, pelatihan yang diberikan Lebih ditekankan terhadap penanganan darurat di lingkungan rumah. Seperti contoh kasus, jika ada warga yang terkena air panas apa yang harus dilakukan sampai nanti dibawa ke rumah sakit.

"Biasanya warga mengetahuinya kalau kena air panas diberikan odol bahkan ada yang sampai diberikan minyak rem untuk diolesi. Nah itu gagal paham mereka, jadi di sini kita berikan pengetahuan apa saja yang harus dilakukan sebelum korban dibawa ke rumah sakit," paparnya.

Para kader yang mengikuti pelatihan ini, lanjut Nana, nantinya dapat memberikan pemahaman kepada kader biar mereka dapat melakukan penanganan darurat lebih awal. (As)

Kominfotik JP/Chr


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait