IKRA Bantu Keluarga Minat Membaca

Sudin Pusip Jakpus menyerahkan 100 eksemplar buku kepada masing-masing PKK Kelurahan. Foto: Lik

Jakarta Pusat, -- Dalam rangka meningkatkan pemanfaatan koleksi perpustakaan dan minat baca masyarakat di masa pandemi, Dispusip DKI Jakarta melalui Sudin Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Pusat bersama dengan para Tim Penggerak PKK dari beberapa kelurahan di Jakarta Pusat mengadakan kegiatan Inisiatif Keluarga Ringkas Aksara (IKRA).

Kegiatan ini sudah berlangsung sejak 23 November dan berakhir hari ini, Jumat (11/12). Tiga kelurahan terpilih pada periode ini adalah Kelurahan Galur, Kelurahan Mangga Dua Selatan, dan Kelurahan Kartini.

Dengan IKRA, Sudin Pusip berusaha memberikan alternatif kegiatan bagi masyarakat di masa pandemi ini tanpa perlu datang ke perpustakaan. Ini menjadi bagian dari upaya meningkatkan literasi warga, khususnya di Jakarta Pusat.

Sudin Pusip Jakpus telah menyerahkan buku sebanyak 100 eksemplar kepada masing-masing PKK Kelurahan. Selanjutnya buku tersebut di salurkan kepada masyarakat. Setiap satu kepala keluarga mendapat satu buku cerita atau buku pengetahuan.

"Saya berharap buku-buku yang diserahkan di kelurahan tersebut tetap berjalan di lingkungan RT bahkan mungkin kelurahan yang lain. Karena ini salah satu cara kita untuk terus meningkatkan minat baca kepada masyarakat," kata Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pusip Jakarta Pusat, Meti Lastri, di RW 08 Kelurahan Kartini, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Jumat (11/12).

Menurutnya untuk menghibahkan buku kepada masyarakat belum bisa karena buku ini termasuk aset. "Jika buku koleksi perpustakaan ini untuk dimiliki masyakarat agak susah, karena ini adalah aset Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Namun jika kita memiliki buku sumbangan bisa kita pikirkan ke depan," ungkapnya.

Wakil Pokja 2, PKK Kelurahan Kartini, Sri Haryati berterima kasih kepada Sudin Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Pusat dengan melaksanakan kegiatan IKRA bekerja sama dengan PKK untuk membantu anak-anak agar rajin membaca.

"Di masa pandemi Covid-19 anak-anak dari pada kelayapan tidak karuan atau main game lebih baik baca buku, banyak faedah dan manfaatnya,“ katanya.

Ia juga berharap, supaya program ini terus berlanjut, karena kegiatan IKRA selain untuk warga juga diberikan kepada PAUD yang sudah ada membuat ringkasan dari buku koleksi perpustakaan.

Sementara itu, Lurah Kartini, Ati Mediana mengaku bahwa kegiatan seperti ini bagus dalam meningkatkan minat membaca mengingat saat ini minat membaca sudah berkurang dikalangan masyarakat.

"Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan IKRA ini dapat meningkatkan minat baca kembali. Pada masa pandemi Covid-19 saat ini, kita dapat mengkondisikan anak-anak di dalam rumah mengurangi kerumunan di luar rumah sehingga membantu penanggulangan dalam penularan Covid-19 di wilayah Kelurahan kartini," jelas Ati.

Ia berharap, buku-buku yang dipinjamkan supaya dapat dihibahkan kepada masyarakat sehingga masyarakat mempunyai koleksi buku dan bisa diketuk tularkan kepada tetangganya. (As)

 

Kominfotik JP/Day


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait