Ini Cara Sudin SDA Antisipasi Banjir di Enam Titik Prioritas

Pengurasan Kali Sentiong dengan alat berat. Foto: Zak

Jakarta Pusat, -- Suku Dinas (Sudin) Sumber Daya Air (SDA) Kota Administrasi Jakarta Pusat memastikan akan melakukan sejumlah langkah untuk mengatasi banjir di enam titik prioritas di wilayah Jakarta Pusat (Kelurahan Johar Baru, Kelurahan Karet Tengsi, Kelurahan Petamburan, Kelurahan Kebon Kelapa, Kelurahan Bendungan Hilir, dan Kelurahan Cempaka Putih Barat).

Kasudin SDA, Saiful menerangkan, penanganan antisipasi banjir sudah dilakukan dengan pengerukan Kali Sentiong sepanjang 1 km di kawasan Johar Baru. Selain itu, Sudin SDA juga akan menbuat pintu-pintu air, tali-tali air, dan lubang-lubang air. Agar saluran dari warga dapat dengan lancar masuk ke saluran.

"Kita juga akan menempatkan pompa mobile saat musim hujan di lokasi rawan genangan, dan pembuatan kolam retensi untuk menahan air dari berbagai arah," ungkapnya, saat dikonfirmasi, Rabu (21/10).

Ia mengungkapkan, akan berkoordinasi dengan Unit Pelaksana Kebersihan (UPK) Badan Air Dinas Lingkungan Hidup, dan Unit Pengelola Teknis Peralatan dan Perbekalan (UPT Alkal) Dinas SDA untuk ketersediaan ekskavator untuk pengerukan di enam titik prioritas ini.

"Untuk menangani enam titik prioritas ini kita membutuhkan alat lagi. Kita akan upayakan dari rekan-rekan UPK Badan Air, dan Alkal untuk sama-sama berkolaborasi mengantisipasi banjir," tandasnya. (As)

 

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait