Inspirasi Urban Farming bagi ASN Pemkot Jakpus dari JP Farm

JP Farm. Foto: Lik

Jakarta Pusat, -- Lahan yang sebelumnya berupa taman kini telah diubah menjadi JP Farm. Berbagai jenis tanaman hidroponik, kolam gizi, hingga tanaman pangan telah tersedia di antara bangunan Blok A dan Blok C sisi Barat Kantor Wali Kota Jakarta Pusat.

Kepala Seksi Pertanian Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Jakarta Pusat Sunarto mengatakan, pembuatan JP Farm ini melibatkan beberapa Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD). Lahan dengan luas 80 meter persegi memanfaatkan barang bekas yang masih dapat dipergunakan.

"Kami (Sudin KPKP-red) hanya menyediakan tanaman sayur dan kolam gizi. Sedangkan tempat duduk dari pipa bekas itu disiapkan oleh Bagian Umum dan Protokol," ucap Sunarto.

Menurut Sunarto, keberadaan JP Farm ini dapat dimanfaatkan untuk mengampanyekan pertanian perkotaan atau urban farming kepada para ASN di lingkungan kantor Wali Kota Jakarta Pusat.

“Diharapkan dengan melihat JP Farm bisa menginspirasi ASN untuk memanfaatkan pekarangan rumah masing-masing,” tambahnya.

Pertanian perkotaan pada sisi lain juga mendukung gaya hidup sehat, karena metode tanam yang organik dan tanpa pestisida.

"Tanaman sayuran seperti, pakcoy, sawi, seledri, bayam, kangkung bisa ditanam sendiri di halaman rumah,” ungkap Sunarto.

Ia melanjutkan, pihaknya juga memberikan edukasi lebih lanjut tentang urban farming bagi para ASN.  "Kita juga siap membantu jika ASN ingin mempelajari urban farming. Kalau di rumah ada halaman dan terkena sinar matahari ataupun memiliki lantai dua dapat digunakan untuk pertanian dengan metode tanam hidroponik," tutupnya. (As)

Kominfotik JP/Chr


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait