Irwandi Minta Bank Sampah Aktif Lagi Kelola Maggot

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Irwandi meresmikan Rumah Magggot, di TPS 3R Ketapang, Kecamatan Gambir. Foto: Nel

Jakarta Pusat, -- Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Irwandi meminta seluruh bank sampah aktif kembali untuk mengelola maggot.

Hal ini diungkapkannya usai meninjau TPS 3R Ketapang, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (24/7).

Menurutnya, dengan budidaya maggot ini sampah yang ada bisa dimakan maggot sehingga bisa mengurangi volume sampah yang ada di Jakpus.

Nantinya, lanjut Irwandi, maggot ini akan dikembangkan ke RW-RW yang ada melalui bank sampah.

“Makanya tadi saya minta bank sampah yang ada diaktifkan agar dapat ditaruh maggot. Maggot ini bisa menghabiskan sampah. Jadi sampah yang ada di RW tidak melulu dibuang ke tempat penampungan sampah. Tapi bisa diolah dulu dengan maggot dan ini bisa menghasilkan pupuk,” ungkapnya.

Selain itu, Irwandi juga mengatakan ke depan bank sampah perlu dibuat koperasi. Di mana nantinya bank sampah di Jakpus dikumpulkan dalam satu koperasi sehingga pengelolaan maggot lebih produktif.

“Manggot ini kan bisa menghasilkan pupuk, kalau ini dibuat koperasi. Pupuk ini bisa dijual melalui koperasi kepada warga,”paparnya.

Selain itu, pupuk hasil maggot juga dapat dijual ke Sudin Pertamanan dan Hutan Kota jika dikelola Koperasi. Karena Koperasi merupakan badan hukum sehingga Sudin bisa membeli.

“Dari pada Sudin Pertamanan dan Hutan Kota beli pupuk ke perusahaan lain lebih baik ke koperasi dari penampungan maggot ini,” tandasnya. (As)

 

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait