Irwandi Sebut UMKM Kuliner Tetap Bertahan di Masa Pandemi

Ilustrasi kuliner. Foto: Rif

Jakarta Pusat, -- Pelaksana harian (Plh) Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) Irwandi menyebut, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bidang kuliner di wilayahnya tetap survive (bertahan) di masa pandemi Covid-19.

"Jika banyak pelaku usaha dibidang lain terkena dampak pandemi, bahkan harus menutup usahanya. Namun UMKM jenis kuliner yang paling stabil dan tetap bertahan di masa pandemi," kata Irwandi saat dikonfirmasi, Selasa (26/1).

Ia menambahkan dengan pemberlakuan sistem Work From Home (WFH) bagi pekerja, maupun mahasiswa yang harus belajar dari rumah menambah tingkat konsumsi masyarakat terhadap produk kuliner.

"Karena lebih banyak di rumah, yang biasanya makan dua sampai tiga kali makan, ini bisa lebih. Mereka bisa belanja produk kuliner lebih banyak," ungkapnya.

Ia menjelaskan, situasi pandemi yang membatasi warga keluar rumah. Karena beresiko terjadi penularan virus Corona membuat warga mengandalkan layanan pesan antar untuk produk kuliner. Seperti, pada segmentasi anak muda dan remaja yang mengandalkan layanan aplikasi online.

"Kalau di segmen anak muda, mereka banyak libur sekolah, kuliah, otamatis butuh makanan. Mereka nggak mau keluar pesan lewat aplikasi online food. Jadi untuk UMKM kuliner tidak terdampak bisa survive," paparnya.

Irwandi menilai, ke depan para pelaku UMKM kuliner ini harus terus jeli melihat peluang dan mengembangkan diri. (As)

 

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait