KPK Hidroponik RW 06 Cempaka Putih Timur Panen Sayuran Kangkung

Panen kangkung di RW 06 Cempaka Putih Timur. Foto: Day

Jakarta Pusat, -- Kelompok Petani Kota (KPK) di RW 06, Kelurahan Cempaka Putih Timur, melakukan panen perdana sayuran kangkung dan bayam yang ditanam secara hidroponik di atas lahan 25 meter persegi.

Ketua KPK Hidroponik RW 06, Slamet Wiyono mengatakan, selain panen sayur kangkung dan bayam juga menanam sayuran jenis lain seperti, pakcoy, selada air, bayam hijau, bayam merah, kale, sawi putih, dan samhong.

"Tanaman sayuran tersebut ditanam dengan sistem hidroponik mengoptimalkan ruang atas saluran, namun saluran tersebut tidak ditutup agar mudah dibersihkan jika banyak sampah," ujarnya.

Slamet mengungkapkan, anggota KPK berjumlah 12 orang ini mempunyai profesi yang berbeda-beda. Ada yang berprofesi sebagai pedagang mie ayam, jual nasi, penjahit, tukang cuci, pemulung, ART penjual minuman ringan, pengangguran, dan mahasiswa.

Sementara itu, Lurah Cempaka Putih Timur, Shinta Purnama Sari mengapresiasi kegiatan KPK Hidroponik RW 06, dan sangat bermanfaat karena warga bisa mendapatkan sayuran yang bergizi.

"Hasil panen perdana kangkung dan bayam yang totalnya mencapai 800 gram ini dibagi gratis ke warga RW 06 agar mereka tergerak ikut menanam. Baru hasil panen berikutnya akan dijual dan sebagian dikonsumsi sendiri," jelasnya.

Shinta berharap ke depan hasil panen sayuran dengan hidroponik bisa dipasarkan ke swalayan sehingga dapat meningkatkan perekonomian warga.

“Jadi tidak hanya memperindah lingkungan dan menimalisir polusi, tapi ada manfaatnya untuk meningkatkan ekonomi warga," tandasnya. (As)

 

Kominfotik JP/Day


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait