KPKP Jakpus Tebar Ribuan Benih Ikan dan Pohon Holtikultura di RW 06 Kebon Kosong

Ribuan pohon holtikultura ditanah di RW 06, Kebon Kosong. Foto: Zak

Jakarta Pusat, -- Membantu pemenuhan pangan warga Jakarta Pusat di tengah pandemi Covid-19, Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat menebar ribuan benih ikan dan penanaman pohon holtikultura.

Plt Kasudin KPKP Jakarta Pusat, Suharini Ellyawati menyatakan sebanyak 10 ribu ikan nila, lele dan pohon holtikultura ini dilakukan dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi. Langkah ini sebagai bentuk menopang pemenuhan warga lantaran pandemi ini tidak tahu sampai kapan.

"Situasi pandemi Covid-19 masih dapat melakukan suatu kegiatan yang dapat diikuti oleh masyarakat untuk mengajak bertanam sayuran, tanaman buah, ikan dan tanaman penghijauan. Seperti di RW 06 Kecamatan Kemayoran ini warga bisa memanfaatkan hasilnya jika sudah panen," papar Suharini di sela-sela kegiatan penanaman serentak di delapan wilayah di Jakarta Pusat, (12/6).

Jenis benih ikan yang ditebar di antaranya 5000 ikan lele, 5000 ikan nina. Sedangkan 540 pohon seperti pohon pelindung, buah-buahan dan tanaman penghias. Nantinya yang melakukan perawatan diserahkan ke kelompok tani.

"Nanti kalau panen warga bisa menikmati hasilnya. Kegiatan ini sebenarnya serentak dilakukan di lima wilayah di DKI Jakarta juga," terangnya saat diwawancarai di Ruang Terbuka Hijau RT 12 RW 06, Kelurahan Kebon Kosong.

Suharini memaparkan delapan lokasi di Jakarta Pusat di antaranya, RPTRA Mardani Asri, RPTRA Rusun Tanah Tinggi (Rustanto), Kelompok tani mekarsari jaya Mangga Dua Selatan, RPTRA MH. Thamrin, RPTRA Melati, Kelompok Tani Batik RW 06 Petojo Utara dan Kantor Kecamatan Sawah Besar.

"Bukan hanya RTH saja, tapi di kantor pemerintah juga kita sebar benih ini dan pohon," pungkasnya. (As)

 

Kominfotik JP/Chr


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait