Kampanyekan Pertanian Perkotaan Melalui JP Farm Kepada ASN dan PAUD

Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara bersama Ketua TP PKK Jakarta Pusat Shintya Ayuningrum memetik sayuran di JP Farm antara bangunan Blok A dan Blok C sisi Barat Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jumat (28/02). Foto: Zak

Jakarta Pusat, -- Pada tanggal 20 Februari 2020 lalu JP Farm telah diresmikan Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara bersama Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Jakarta Pusat Shintya Ayuningrum.

JP Farm dibangun dengan luas 80 meter persegi ini terdapat tanaman padi, tanaman toga, tanaman hidroponik, dan kolam gizi.

Pada hari ini, Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara bersama Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Jakarta Pusat Shintya Ayuningrum menanam berbagai bibit sayuran di JP Farm antara bangunan Blok A dan Blok C sisi Barat Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jumat (28/02).

Dalam kesempatan ini juga, Bayu Meghantara menginginkan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat (Pemkot Adm Jakpus) lebih mengampanyekan lagi pertanian perkotaan atau urban farming bagi kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan wilayah Jakarta Pusat.

Menurutnya dengan keberadaan JP Farm, diharapkan bisa menginspirasi ASN untuk mengampanyekan pertanian perkotaan di pekarangan rumah masing-masing.

"Pertanian perkotaan di JP Farm ini sebuah edukasi, karena ada QR Code untuk mengetahui jenis-jenis tanaman yang ada di JP Farm ini. Tadi kebetulan saya menanam kangkung hidroponik, cabai, sawi, pakcoy, dan masih banyak sayuran lainnya," ungkap Bayu.

Hal senada juga dikatakan, Ketua TP PKK Jakarta Pusat Shintya Ayuningrum, bahwa edukasi ini juga diberikan kepada kader-kader TP PKK Jakarta Pusat hingga peserta Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk lebih mengenalkan pertanian perkotaan.

"Tentu kita akan terus mengampayekan pertanian perkotaan ini. Saat ini di masing-masing Kelurahan sudah ada pot-pot hidroponik seperti ini. Selain itu, kita juga kenalkan dan memberikan edukasi pertanian perkotaan kepada anak-anak PAUD," jelasnya.

Pada kesempatan ini, Shintya Ayuningrum bersama anak-anak PAUD juga memberikan makan kepada ikan-ikan yang telah tersedia di kolam gizi JP Farm.

Kominfotik JP/As/FP


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait