Karang Taruna Karet Tengsin Bantu Warga Daftar PPDB Secara Daring

Ilustrasi. Foto: Lik

Jakarta Pusat, -- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 yang digelar di tengah pandemi Covid-19 tampak mengalami berbagai kendala yang dialami masyarakat, dari kegagapan terhadap teknologi alias gaptek hingga aturan usia.

Sejumlah daerah mulai menggelar PPDB, misalnya Jawa Barat sejak Senin (8/6) dan DKI Jakarta yang membuka pra-pendaftaran PPDB pada Kamis (11/5). Prakteknya pun diwarnai dengan sejumlah masalah.

Ketua Karang Taruna Unit 06 Kelurahan Karet Tengsin Kecamatan Tanah Abang Jakarta Pusat Mohammad Renaldi A. mengaku mendapat berbagai laporan dari warga sekitar yang mengaku kesulitan bahkan tak mengerti cara daftar PPDB secara daring. Terlebih di tengah pandemi tidak semua sekolah memfasilitasi hal tersebut.

Melihat hal ini, Karang Taruna Unit 06 Kelurahan Karet Tengsin Kecamatan Tanah Abang Jakarta Pusat turut membantu dan memfasilitasi para orang tua dan siswa di lingkungan RW 06 yang akan mendaftar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online 2020 guna meminimalisir permasalahan di atas.

Mohammad Renaldi A mengatakan hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen Karang Taruna Unit 06 dalam mengimplementasikan kesadaran dan tanggung jawab sosial kepada masyarakat di bidang pendidikan terutama dengan memberikan fasilitas kepada para orang tua murid, untuk bisa mendaftar secara online ke jenjang selanjutnya.

“Ya kami melakukan kegiatan ini guna menjadi pemecah masalah yang dialami orang tua siswa, untuk itu kami telah melakukan pendataan warga dan melakukan scan data sejak tanggal 11 Juni, untuk kita bantu fasilitasi pendaftarannya khususnya, bagi para orang tua siswa yang memang tidak bisa memakai internet atau tidak mempunyai piranti lunak guna mendaftar secara online, tentunya dengan mengikuti waktu yang telah ditetapkan dalam PPDB DKI Jakarta,” ucap Mohammad Renaldi, Ketua Karang Taruna Unit 06. Jumat (19/6).

Sementara itu, kegiatan yang dilaksanakan Bidang Pendidikan dan Pelatihan Karang Taruna Unit 06 ini telah menghimpun data sebanyak 60 warga RW 06 yang akan melakukan ke jenjang pendidikan selanjutnya.

“Ya kami membuka kegiatan ini kepada warga RW 06. Berdasarkan data yang kami himpun sebanyak 60 warga. Pendaftaran ini kami buka khususnya kepada siswa pada jenjang SD-SMP-SMA/SMK dengan menyediakan seluruh perangkat guna memudahkan seluruh orang tua dan siswa dalam mendaftar ke sekolah yang diinginkan. Seperti hari ini dibuka jalur afirmasi hingga tanggal 21. Jalur zonasi tanggal 25-27 Juni 2020," kata Haidir Ali, Bidang Pendidikan dan Pelatihan Karang Taruna Unit 06 Karet Tengsin.

Sementara itu, Ketua Rukun Warga RW 06 Muhammad Bayhaqi menyampaikan turut senang dan bangga kepada rekan-rekan Karang Taruna yang peduli dan membantu warga yang kesulitan dalam pendaftaran PPDB daring ini. Dirinya berharap semoga warga terbantukan atas kegiatan yang dilakukan oleh Karang Taruna.

“Kami mengapresiasi kegiatan yang dilakukan rekan-rekan karang taruna ini, semoga karang taruna terus mendedikasikan dharma baktinya kepada masyarakat, saya juga selalu mengingatkan agar protokoler Covid-19 diterapkan dalam setiap kegiatan, mengingat RW bagian dari gugus tugas pandemi Virus Corona ini.” imbuh ‘Babay’ sapaan akrab Ketua RW 06 ini.

Mengutip dari laman ppdb.jakarta.go.id, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk PPDB 2020 ini, mulai dari prapendaftaran, pengajuan cetak PIN/Token, aktivasi PIN/Token, pendaftaran, hingga lapor diri daring. Acara ini dilakukan Karang Taruna Unit 06 Karet Tengsin bekerja sama dengan Yayasan Teman Baik Indonesia. (As)

 

Kominfotik JP/Chr

 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait