Kelurahan Cempaka Putih Timur Berkolaborasi dengan Kimia Farma Bangun Kebon Gizi Hidroponik

Kebon Gizi Hidroponik, di Cempaka Putih Timur. Foto: Day

Jakarta Pusat, -- Guna meningkatkan taraf hidup warga, Kelurahan Cempaka Putih Timur (CPT) Berkolaborasi dengan Kimia Farma membangun Kebon Gizi Hidroponik, di lingkungan RW 06 Kelurahan Cempaka Putih Timur, Jakarta Pusat.

"Membangun kebon gizi hidroponik ini berkolaborasi dengan Kimia Farma untuk meningkatkan taraf hidup warga RW 06 sekaligus menjadikan sebagai kampung wisata hidroponik," kata Lurah Cempaka Putih Timur, Shinta Purnama Sari, saat dikonfirmasi, Rabu (22/7).

Shinta mengungkapkan, kebon gizi hidroponik ini dikelola oleh Kelompok Petani Kota (KPK) Cempaka Putih Timur RW 06, dengan kelompok taninya memperdayakan warga masyarakat sekitar.

"Peluncuran kebon gizi hidroponik tersebut sudah dilaksanakan pada minggu lalu,“ katanya.

Sementara itu, Penasehat KPK CPT RW 06, Nick Nurrachman didampingi Wakil Ketua KPK CPT RW 06, Zakaria. N mengatakan, kebon gizi hidroponik ini berdiri di atas lahan seluas 50 meter dengan menggunakan rak hidroponik dengan total lubang tanam 2.991, panjang pipa 404 meter.

Sementara, lanjutnya, bibit tanaman sayuran dibeli dari keuntungan hasil panen penjualan. Adapun jenis tanaman sayuran yang ditanam yaitu kangkung, slada merah, sawi dakota, bayam, dan lain sebagainya,

"Sampai saat ini ada sekitar 13 orang yang tergabung dalam kelompok tani kita. Untuk hari ini panen kangkung 5 kilogram dan satu kilonya kita jual seharga 30 ribu untuk sayur sehat, segar, dan organik," tandasnya. (As)

 

Kominfotik JP/Day


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait