Kelurahan Kartini Panen Sayuran Pakcoy

Panen sayur pakcoy di Kantor Lurah Kartini. Foto: Day

Jakarta Pusat, -- Aparat Kelurahan Kartini, Jakarta Pusat bersama kader PKK, melakukan panen sayuran jenis sawi pakcoy di lahan urban farming (pertanian perkotaan) yang ada di halamam Kantor Lurah Kartini.

Lurah Kartini, Ati Mediana mengatakan, jajarannya bersama kader PKK kini bisa menikmati hasil panen sawi pakcoy yang ditanam secara hidroponik di halaman kantor kelurahan. Hasil panennya sebanyak 4,2 Kg dengan masa tanam 28 hari.

"Hasil panen sayuran jenis sawi pakcoy yang dirawat tanpa bahan kimia tersebut dijual ke warga sekitar lingkungan kantor kelurahan dengan harga 15.000/3 ons atau 300 gram. Uang penjualan dimasukan kedalam kas PKK Pokja 3 nantinya digunakan untuk pemeliharan dan pembelian bibit," jelas Ati Mediana saat dikofirmasi, Selasa (12/5).

“Yah tadi saya keliling bersama kader PKK menjual sayuran sawi pakcoy hasil panen. Alhamdulillah habis, total uang Rp 210.000,- nanti uangnya akan digunakan untuk pemeliharaan dan beli bibit," ujar Ati.

Lebih lanjut Ati menerangkan, jenis tanaman sayuran sawi menjadi idola warga karena masa tanam relatif singkat yaitu 28 hari. Ditanam dengan sistem hidroponik sangat efisien dan mudah tidak memerlukan lahan yang luas.

Ke depannya Ati Mediana berharap agar dilakukan kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin dan terus dibudidayakan sehingga hasil panen meningkat. "Selain bertani, kader PKK juga secara tidak langsung sudah praktek memasarkan hasil panennya," tandasnya. (As)

 

Kominfotik JP/Day


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait