Ketika COVID 19 Memberikan Dampak Positif

Cuci tangan dengan air mengalir menggunakan sabun. Foto: Lik

Jakarta Pusat, -- Di tengah kecemasan dan kepanikan warga menghadapi Corona Virus Desease (COVID 19) justru ada efek positif yang ditimbulkan dari wabah ini.  Apa saja efek positif COVID 19 yang justru bermanfaat bagi kita, Kominfotik JP telah merangkumnya dari berbagai sumber yang ada.

1. Lebih peduli pada kebersihan dan kesehatan

Sadar nggak sih karena Covid 19 kita jadi lebih sering cuci tangan, sering pakai hand sanitizer, mengunakan masker dibandingkan prilaku kita sebelumnya di mana COVID 19 belum mewabah. Padahal biasanya kita sering lupa cuci tangan saat menyentuh makanan, maupun beraktivitas lainnya.

2. Seluruh dunia bekerjasama

Tidak hanya di Indonesia perang melawan virus ini terjadi juga di negara lainnya. Dunia seakan sedang berbondong-bondong untuk mengalahkan musuh bersama virus COVID 19. Pemerintah dunia sekarang mengkoordinasikan tindakan pencegahan dengan kerja sama yang belum pernah terlihat sebelumnya.

3. Manusia saling membantu

Akibat wabah COVID 19 ini manusia jadi saling membantu sesama. Melakukan kegiatan donasi untuk bantuan pemberian masker gratis, paket sembako, dan bantuan lainnya. Manusia saat ini saling bekerjasama membantu sesama tanpa melihat Suku, Agama, dan Ras (SARA) yang selama ini paling rentan konflik.

4. Kualitas udara membaik

Penerapan Work From Home (WFH) dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat sejumlah jalan protokol di ibu kota lengang. Kendaraan yang biasanya memadati jalan-jalan tidak terlihat lagi. Aktivitas perkantoran dan masyarakat ditiadakan. Hal ini tentu mengurangi polusi udara akibat kendaraan bermotor. Sehingga kualitas udara lebih baik, karena adanya WFH dan PSBB.

5. Lebih rajin Berolahraga

Akibat penyebaran COVID 19 ini membuat masyarakat melakukan langkah pencegahan salah satunya dengan menjaga stamina melalui olahraga. COVID 19 membuat masyrakat lebih rajin berolahraga untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

6. Lebih banyak waktu untuk keluarga

Pelaksanaan WFH dan PSBB membuat waktu kerja yang sebelumnya full di kantor kini menjadi lebih fleksibel. Dengan WFH para pekerja memiliki waktu yang lebih longar untuk melakukan aktivitas di rumah meskipun harus tetap menyelesaikan pekerjaan. Dengan WFH dan PSBB para pekerja memiliki banyak waktu berkumpul di rumah bersama keluarga dari sebelumnya. Selain itu, dengan adanya WFH dan PSBB para pekerja dapat meluangkan waktu untuk menekuni hobi yang selama ini sulit dilakukan. (As)

 

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait