Kolaborasi dengan PKK Kelurahan, Sudin Pusip Jakpus Gelar Inisiatif Keluarga Ringkas Aksara

Kasudin Pusip Jakpus, Meti Lestari. Foto: pusat.jakarta.go.id

Jakarta Pusat, -- Suku Dinas (Sudin) Perpustakaan dan Kearsipan (Pusip) Jakarta Pusat mengadakan kegiatan Inisiatif Keluarga Ringkas Aksara (IKRA) berkolaborasi dengan TP PKK Kelurahan.

"Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan pemanfaatan koleksi perpustakaan dan minat baca masyarakat di masa pandemi, dan berkolaborasi dengan TP PKK di beberapa kelurahan wilayah Jakpus mengadakan kegiatan Inisiatif Keluarga Ringkas Aksara (Ikra)," kata Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pusip Jakarta Pusat, Meti Lastri saat dikonfirmasi, Rabu (2/12).

IKRA, lanjutnya, sudah berlangsung sejak 23 November lalu dan akan berakhir pada 11 Desember 2020 mendatang.

"Ini salah satu alternatif di masa pandemi dan sangat positif bagi masyarakat serta memudahkan mengakses buku sehingga dapat meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap pengetahuan dan literasi di lingkup keluarga dengan membaca beragam koleksi perpustakaan tanpa harus datang ke perpustakaan," jelasnya.

Meti mengungkapkan, Sudin Pusip Jakpus telah menyerahkan buku sebanyak 100 eksemplar kepada masing-masing PKK Kelurahan, nantinya buku tersebut di salurkan kepada masyarakat. Setiap satu kepala keluarga mendapat satu buku cerita atau buku pengetahuan. Untuk kwartal empat ini, dilaksanakan di Kelurahan Mangga Dua Selatan, Galur dan Kelurahan Sawah Besar.

"Nantinya masyarakat menuangkan dalam bentuk ringkasan dan akan didokumentasikan oleh kader PKK Kelurahan yang ditunjuk. Bagi mereka yang membuat ringkasan baik dan bagus akan diberikan penghargaan," ungkapnya.

Meti menambahkan, kegiatan ini juga digelar di lima wilayah kota. Diharapkan kegiatan produktif di tengah masa pandemi Covid-19 ini dapat memfasilitasi kebutuhan informasi masyarakat tanpa harus keluar rumah. (As)

 

Kominfotik JP/Day

 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait