Kolam Retensi di Jalan Batu Ceper Hampir Rampung

Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Pusat (Memakai topi berwana putih) meninjau pembuatan kolam retensi. Foto: SAF

Jakarta Pusat, -- Pembangunan kolam retensi di Jalan Batu Ceper, Kebon Kelapa, Gambir sudah memasuki tahap akhir. Struktur untuk kolam sepanjang 65 meter itu tinggal menyisakan sekitar tiga meter yang akan dikerjakan.

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat, Iqbal Akbarudin meninjau langsung perkembangan pekerjaan ini, Minggu (20/12). “Dari awal sejak ditetapkan sebagai prioritas memang ini dilakukan percepatan. Walaupun sebetulnya bukan cuma enam titik prioritas saja yang dikerjakan,” ungkapnya saat ditemui di lokasi.

Iqbal menjelaskan sejauh ini tidak ada kendala berarti, baik pekerjaan di Batu Ceper maupun di lokasi lainnya. Ia meyakini semua bisa selesai sesuai dengan target waktu yang diberikan.

Menurut Sekko, ujicoba adalah hal penting untuk melihat efektivitas dari berbagai infrastruktur yang disiapkan dalam mengantisipasi banjir. “Kalaupun tidak hujan juga bisa kita coba, koordinasi dengan (Sudin) Gulkarmat lah untuk semprotkan airnya. Sehingga kalau nanti hujan memang dipastikan ini efektif mengurangi debit limpasannya,” sebut Iqbal.

Selain kolam retensi, pada lokasi tersebut juga akan dibangun sumur resapan. “Kalau kolam retensinya penuh air akan meresap melalui sumur yang sudah dibuat dengan cara dibor dengan kedalaman sekitar 20 meter,” ujar Satino, Kepala Satuan Pelaksana Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Gambir.

Satino mengungkapkan keberadaan kolam retensi dan sumur resapan ini bisa diandalkan untuk mengurangi genangan akibat air hujan dengan intensitas lebat yang tidak tertampung di saluran drainase selama ini. “Sesuai sumber daya yang ada, saat ini baru tiga sumur resapan yang sudah selesai. Berikutnya mungkin bisa ditambah dua lagi,” ungkapnya.

Sementara itu, Lurah Kebon Kelapa Nurbin Tumbur Togar menyatakan jajarannya siap mendukung pelaksanaan kegiatan ini. “Kami selaku ‘tuan rumah’, sedangkan yang punya pekerjaan (kolam retensi) dari SDA. Apapun yang bisa dibantu pasti kami bantu,” ujarnya.

Di lokasi yang sama namun pada sisi jalan yang berbeda, puluhan petugas PPSU Kelurahan Kebon Kelapa dibantu petugas dari Sudin SDA, Sudin Bina Marga dan Sudin Lingkungan Hidup terlihat melakukan pengurasan saluran air. Sementara dari sisi peralatan, Sudin SDA menyiapkan satu buah backhoe dan delapan truk untuk mengangkut sedimen. (Kominfotik JP/SAF)


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait