Lahan Kosong di Menteng Diubah Jadi Pertanian Perkotaan

Lahan kosong di Menteng diubah jadi lahan pertanian perkotaan. Foto: pusat.jakarta.go.id

Jakarta Pusat, -- Lahan Kosong di Jalan Anyer RT 03/02 Kelurahan Menteng, Jakarta Pusat diubah menjadi lahan urban farming atau pertanian perkotaan dengan ditanam berbagai jenis tanaman sayur.

Lurah Menteng, Radius Perkasa menjelaskan, lahan kosong tersebut tadi merupakan tempat pembuangan sampah dan parkir kendaraan pribadi milik warga. Kini dipercantik dengan menanam penghijauan dan tanaman sayuran.

"Di atas tanah lahan kosong seluas 100 meter (50 x 2 meter) sudah ditanami jenis tanaman buah-buahan dan sayuran. Seperti, kangkung, jahe merah, cabai, bawang, pohon mangga, dan kedongdong," ujar Radius saat dikorfirmasi, Jumat (8/1).

Ia menambahkan bahwa urban farming tersebut langsung dikelola oleh Ketua RT 03/02 bersama kader PKK kelurahan dan kecamatan.

Sementara itu, Ketua RT 03 Kelurahan Menteng, Cindy mengungkapkan, sebelum dilakukan penanaman, pihaknya bersama anggota PPSU Kelurahan Menteng membersikan lahan tersebut dari sampah dan puing-puing, baru kemudian dirapihkan dengan ditambah tanah.

"Sebelum ditanami tanaman lahan tersebut dibersihkan terlebih dahulu lantaran banyak sampah dan puing-puing, baru kemudian kita rapihkan dengan ditambah tanah," ungkapnya.

Setelah itu, lanjutnya, pada 23 Desember 2020 bersama kader PKK RW 02 dan 09 Kelurahan Menteng serta kader PKK Kecamatan menanam bibit buah-buahan dan sayuran dengan swadaya mandiri.

"Kami juga sudah meminta bibit jenis sayuran dan buah-buahan kepada Sudin KPKP untuk menambah tanaman di sini," tandasnya. (As)

 

Kominfotik JP/Day

 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait