Lima Hidangan Lebaran Khas Betawi yang Menggugah Selera

Tape Uli. Foto: Ist

Jakarta Pusat, -- Menyambut hari raya Idul Fitri yang biasa kita kenal dengan istilah lebaran tentunya tak lengkap tanpa masakan khas lebaran. Di setiap daerah punya hidangan khas lebaran, termasuk suku Betawi.

Ada lima hidangan khas lebaran di Jakarta yang biasa disuguhkan masyarakat Betawi.

1. Ketupat Betawi 

Tak lengkap rasanya bila di hari raya lebaran tak menyantap ketupat. Ketupat menjadi menu makanan khas lebaran tidak hanya di Jakarta tapi juga di daerah lainnya. Namun, ketupat Betawi memiliki keunikan yang tidak dijumpai di ketupat yang ada di daerah lain. Sebab ketupat Betawi ini disajikan dengan sayur godok yang terbuat dari pepaya muda, dilengkapi semur daging dan sambal.

2. Dodol Betawi 

Menjelang perayaan lebaran pembuat dodol memperbanyak produksinya. Di beberapa jalan di Jakarta pun nampak para penjual dodol Betawi menjajakan dengan berbagai ukuran dan varian rasa dari rasa original, wijen, dan durian.

Dodol sendiri merupakan makanan khas lebaran di Jakarta. Ada pengaruh budaya Tionghoa dalam tradisi kuliner lebaran khas Betawi ini. Di mana orang-orang Tionghoa di Indonesia membuat kue kranjang yang biasa dikenal "Dodol Cina" saat perayaan Imlek.

Dodol betawi dibuat dari campuran ketan hitam, gula aren, dan santan. Dodol diproses dengan sangat lama dan harus diaduk dengan pengaduk kayu menggunakan tangan.

3. Tape Uli 

Kliner yang satu ini tak kalah nikmatnya dari dodol, terdiri dari dua jenis makanan yakni, uli yang terbuat dari ketan putih yang ditumbuk dan tape yang terbuat dari ketan hitam yang difermentasikan dengan ragi. Perpaduan rasa segar, manis dan sedikit asam dari tape ditambah kekenyalan uli menjadikan menu yang satu ini sangat pas disantap saat lebaran bersama keluarga.

4. Asinan Betawi

Asinan juga merupakan makanan Lebaran khas Betawi yang terbuat dari berbagai sayuran mentah dan kerupuk. Rasanya yang pedas dan segar sangat cocok disantap siang maupun sore hari usai menyantap ketupat sayur Betawi.

5. Akar Kelapa

Jika nastar menjadi salah satu kue favorit lebaran, masyarakat Betawi yang ada di Jakarta mempunyai akar kelapa. Kue yang terbuat dari adonan, tepung beras, santan, wijen, dan gula pasir ini menjadi kue wajib lebaran khas Jakarta. 

Tekstur kue yang garing dan renyah berpadu dengan cita rasa gurih serta manis membuat kue akar kelapa ini sangat digemari untuk disantap. Bentuknya yang menyerupai akar kelapa membut kue ini disebut akar kelapa. (As)

 

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait