Masuki Musim Penghujan, Ini Cara Bina Marga Jakpus Atasi Genangan

Petugas Sudin Bina Marga Jakpus melakukan pembersihan tali air. Foto: Lik

Jakarta Pusat, -- Suku Dinas Bina Marga Jakarta Pusat (Jakpus) melakukan beberapa langkah pencegahan guna menghalau genangan bersama Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakpus.

Kasudin Bina Marga Jakpus, Rakim menerangkan, untuk mengantisipasi genangan pada ruas jalan yang ada pihaknya membuat gutter, tangkapan lumpur, dan storm inlet atau pembesaran mulut air. Dengan cara itu, pihaknya dapat membuat drainase sistem untuk melancarkan aliran air.

"Sistemnya kita mengalirkan air permukaan jalan ke gutter, masuk ke tangkapan lumpur, agar lumpur tidak masuk ke tali air. Setelah itu baru masuk ke mulut air," ungkapnya saat dikonfirmasi, Rabu (21/10).

Rakim menjelaskan, untuk mengantisipasi genangan di wilayah Jakpus pihaknya juga bersinergi dengan Sudin SDA. Di mana Sudin Bina marga yang membenahi permukaan jalan, mulut air dan tali air. Sementata SDA membenahi saluran dan membersihkan lumpur.

"Skala prioritas dari penanganan genangan ini ada di Jalan Mas Mansyur, Gereja Ayam, Cempaka Putih, dan enam lokasi prioritas yang telah ditetapkan wali kota Jakpus sebagai titik antisipasi banjir," tandasnya. (As)

 

Kominfotik JP/NEL

 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait