Masuki Musim Penghujan, Saluran PHB Dwi Warna di Jalan Mangga Raya Dikuras

Saluran penghubung (PHB) Dwi Warna di Jalan Mangga Besar Raya dikuras petugas Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Foto: pusat.jakarta.go.id

Jakarta Pusat, -- Dalam upaya menghadapi musim penghujan, saluran penghubung (PHB) Dwi Warna di Jalan Mangga Besar Raya dikuras petugas Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat.

“Iya, saat ini petugas sedangan melakukan pengurasan saluran penghubung (PHB) Dwi Warna di Jalan mangga Besar Raya, RW 010, Keluraha Kartini, Sawah Besar, Jakarta Pusat,” kata Kepala Satuan Pelaksana (Satpel) SDA Kecamatan Sawah Besar, Nanang Gusnadi saat dikonfirmasi, Selasa (24/11).

“Pengurasan saluran PHB Dwi warna panjangnya mencapai 90 meter, dimensi saluran 1.5 meter x 1.2 meter dengan ketebalan sidimen lumpur 0.6 meter,” tambahnya.

Menurut Nanang, pengurasan Ini dilakukan untuk menampung debit air hujan sehingga jika terjadi hujan lebat genangan cepat surut.

“Insyaallah, dengan upaya pengerukan saluran PHB Dwi warna di Jalan Mangga Besar Raya, dapat meminimalisir genangan di wilayah Kartini,” harapnya.

Nanang mengungkapkan, pada pengerukan saluran kali ini mengerahkan Satgas SDA Kemayoran sebanyak 10 orang dengan menggunakan alat manual berupa cangkul dan satu dump truck untuk mengangkut sampah lumpur.

“Sampai saat ini saluran PHB yang sudah dikerjakan sepanjang 75 meter atau 80 persen pekerjaan. Awal Desember 2020 pengerukan saluran akan selesai,” ungkapnya.

Di tempat terpisah Camat Sawah Besar, Prasetyo mengapreasi kegiatan pengerukan yang dilakukan Satpel SDA Sawah Besar mengingat di wilayah tersebut tiap tahun menjadi langganan banjir.

Selain itu, lanjutnya, pengerukan ini juga dilakukan menindaklanjuti permintaan warga. Sebab saluran PHB Dwi Warna dirasa sudah dangkal lantaran sendimen lumpur sudah tinggi dan mengedap di saluran PHB.

“Mudah-mudahan dengan pengerukan tersebut dapat meminimalisir genangan di wilayah Kartini,” ucapnya. (As)

 

Kominfotik JP/Day


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait