Melalui Seni Mural, Kelurahan Kemayoran Kampanyekan Pencegahan Virus Corona

Seni mural kampanyekan pencegahan dan penanganan Covid-19 di wilayah Kelurahan Kemayoran, Jakarta Pusat. Foto: pusat.jakarta.go.id

Jakarta Pusat, -- Seni mural sebagai salah satu cara mengkampanyekan pencegahan dan penanganan Covid-19 di masyarakat, salah satunya adalah protokol kesehatan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak dan Menghindari kerumunan, Mencuci tangan pakai sabun).

Seperti yang dilakukan Kelurahan Kemayoran dalam mengkampanyekan pencegahan virus Corona atau Covid-19 melelaui seni mural. Ada 120 hasil karya seni mural yang dilukis di media tembok.

Lurah Kemayoran, Rachmat Fadjar mengatakan, kampanye pencegahan Covid-19 lewat mural ini merupakan hasil karya anggota Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Kemayoran.

“Sedikitnya 10 anggota PPSU kita terjunkan membuat mural mengenai penanganan Covid-19 sebagai sarana edukasi masyarakat. Secara kebetulan mereka punya keahlian dalam bidang seni lukis,” jelas Fadjar saat dikonfirmasi, Jumat (4/12).

Ia mengungkapkan, selama tiga bulan terakhir PPSU kelurahan Kemayoran sudah membuat 120 seni lukis mural di media tembok. Lukisan ini berada di setiap sudut strategis lingkungan RW 10 yang biasa dimanfaatkan pelaku vandalisme.

“Seni mural ini juga bentuk dari tanggung jawab Satgas Covid-19 Kelurahan Kemayoran dan Satgas Covid-19 RW,” ujarnya.

Lebih lanjut Fadjar menuturkan, dalam pembuatan mural tersebut menghabiskan 90 kaleng cat tembok ukuran 5 kg dan enam ember cat tembok ukuran 25 kg. “Cat tembok ini hasil dari swadaya masyarakat dengan kualitas baik, tidak luntur, dan pudar jika kena air hujan atau panas,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan adanya mural tentang Covid-19 ini aksi vandalisme menjadi nihil, bahkan sekarang banyak warga memanfaatkan untuk berselfi.

“Kami akan terus membuat mural di tempat strategis, tidak hanya mural penanganan Covid-19 saja tapi juga mural ikan, tanaman hias yang saat ini sedang digandrungi,” tandasnya. (As)

 

Kominfotik JP/Day


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait