Mulai Sore Ini, Anies Baswedan: Pasar Tanah Abang Tutup Pukul 16.00 WIB dan 17.00 WIB

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan keterangan kepada awak media dalam kunjungannya ke Pasar Tanah Abang. Foto: As

Jakarta Pusat, -- Pada Minggu sore, suasana Pasar Tanah Abang Blok A masih ramai meski sudah dilakukan pembatasan jumlah pengunjung di dalam pasar.

Polda Metro Jaya, TNI, dan Satpol PP Kota Administrasi Jakarta Pusat telah mendirikan posko pengamanan untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan masyarakat di Pusat Grosir Pasar Tanah Abang.

Pada hari juga, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mendampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran, dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman menyambangi Blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (2/5).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, akan ada perubahan waktu operasional Pasar Tanah Abang. Perubahan tersebut yakni untuk waktu tutup pasar yang dilakukan tidak bersamaan.

"Jadi mulai sore ini pasar akan ditutup dibagi, ada yang pukul 16.00 WIB dan tutup pukul 17.00 WIB," katanya.

Menurutnya, hal tersebut menghindari penumpukan pengunjung menuju Stasiun Tanah Abang. Sebab, setengah dari jumlah pengunjung pasar yang datang pada Sabtu 1 Mei 2021 menggunakan kereta.

"Karena kemarin pengunjung Pasar Tanah Abang banyak yang naik kereta api. Jumlahnya 45 ribu jadi hampir separo menggunakan kereta api," ucapnya.

Anies mengatakan, ada lonjakan pengunjung Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Sabtu 1 Mei 2021 bila dibandingkan dengan hari biasanya. Pada Jumat 30 April 2021, jumlah pengunjung sekitar 35 ribu.

"Hari Sabtu terjadi lonjakan jumlah pengunjung yang sebelumnya 35 ribu jadi 87 ribu," jelasnya.

Perubahan Jadwal Kereta

Setelah melakukan peninjauan Pasar Tanah Abang, Gubernur DKI Jakarta, Kapolda Metro Jaya, Pangdam Jaya, dan Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat menuju Stasiun Tanah Abang.

Anies Baswedan mengungkapkan, untuk mengatasi banyaknya pengunjung yang menggunakan transportasi kereta api, pihaknya juga berkoordinasi dengan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) agar bisa melakukan perubahan jadwal kereta.

"Mulai besok sore akan ada perubahan jadwal kereta KCI yang melintasi stasiun Tanah Abang. Pukul 15.00 sampai 19.00 WIB, KCI tidak akan berhenti di Tanah Abang sehingga tidak mengangkut penumpang dari sana," ungkapnya.

Penyekatan Menuju Pasar Tanah Abang

Untuk diketahui, guna mengurangi kepadatan pengunjung Pasar Tanah Abang baik di Blok A, Blok B, ataupun di kawasan skybridge menuju stasiun dilakukan penyekatan dan pembatasan. Selain itu, dilakukan pula pengalihan arus lalu lintas menuju kawasan Tanah Abang.

Pantauan Kominfotik JP, penyekatan bagi pengunjung dilakukan oleh keamanan pasar, TNI, Polri, dan Satpol PP.

Aparat melakukan pembatasan bagi pengunjung yang hendak masuk ke area Blok A dan Blok B Pasar Tanah Abang. Pengunjung diharuskan antre memasuki gedung.

Adapun pengalihan arus lalu lintas menuju kawasan tersebut dilakukan dari berbagai arah, mulai dari arah Jalan Abdul Muis, Jalan H Fachrudin, dan Jalan Hasyim Asyari.

 

Kominfotik JP/As


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait